Kompas TV nasional peristiwa

Janji Jokowi ke Seniman: Kegiatan Seni Budaya Bakal Diperlonggar hingga Kapasitas 80 Persen

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 09:45 WIB
janji-jokowi-ke-seniman-kegiatan-seni-budaya-bakal-diperlonggar-hingga-kapasitas-80-persen
Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melonggarkan aturan pelaksanaan pertunjukan seni budaya dengan 80 persen penonton dari kapasitas gedung. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melonggarkan aturan pelaksanaan pertunjukan seni budaya dengan 80 persen penonton dari kapasitas gedung.

Hal ini disampaikan oleh Seniman Butet Kartaredjasa setelah bertemu dengan Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/2/2022).

"Mulai Maret ini mungkin akan bertambah. Jadi bisa 70 atau 80 persen sedang diolah oleh pemerintah kepastiannya," kata Butet dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jumat (11/2/2022). 

Sementara itu, dia berujar, untuk saat ini kegiatan seni budaya masih dibatasi maksimal 50 persen penonton dari kapasitas gedung.

Namun, Jokowi, kata Butet, akan mengubah peraturan tersebut dan diumumkan pada bulan depan. 

"Kepastiannya nanti bulan Maret akan diumumkan sehingga orang yang menikmati seni pertunjukan di gedung bisa lebih banyak,” ujarnya.

Butet kemudian menuturkan, pada kesempatan itu, Jokowi meminta agar kegiatan seni budaya tetap harus berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Presiden Jokowi saat menemui para seniman yang menyampaikan keluh kesah tentang tentang kegiatan seni di masa pandemi, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/2/2022).  (Sumber: Antara)

Baca Juga: Jokowi: Tak Pernah Terpikir Pemerintah Berbuat Inkonstitusional untuk Tangani Covid-19

“Harus tetap jalan meskipun setiap daerah punya otonominya sendiri untuk mengatur, asalkan semua nanti terjadi dengan standar protokol kesehatan yang disepakati dan diatur oleh pemerintah,” ujarnya.

Tak hanya itu, mantan Wali Kota Surakarta ini, kata Butet juga memerintahkan jajarannya untuk mendukung kegiatan seni dan budaya.

Jokowi meminta anak buahnya untuk menggandeng swasta dalam mendukung pelaksanaannya tersebut.

“Presiden juga mendorong BUMN, perusahaan swasta, industri, untuk memberikan support pada kegiatan seni budaya, karena kegiatan seni budaya itu akar dari pembangunan kualitas manusia di negeri ini,” kata Butet.

Diketahui, sejumlah seniman dan budayawan menemui Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis, 10 Februari 2022.

Pertemuan tersebut dimaksudkan para seniman untuk menyampaikan harapannya kepada Presiden mengenai pelaksanaan kegiatan pertunjukan seni budaya di Tanah Air selama masa pandemi.

Mereka meminta kepastian tentang izin pelaksanaan kegiatan seni pertunjukan di tengah masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ribuan Sembako Presiden Jokowi Di Berikan Ke Warga Pesisir Pantai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x