Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Hari Pers Nasional 2022, Nadiem Makarim Apresiasi Kerja-Kerja Jurnalistik

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 15:57 WIB
peringatan-hari-pers-nasional-2022-nadiem-makarim-apresiasi-kerja-kerja-jurnalistik
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan apresiasinya terhadap kerja-kerja jurnalistik yang dinilai telah mendukung upaya mencerdaskan bangsa.

Pernyataan itu disampaikan Nadiem saat mengucapkan selamat atas peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.

"Terima kasih kepada seluruh insan pers Indonesia yang terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui informasi-informasi yang tepercaya dan berkualitas," kata Nadiem dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Mendikbudristek juga berharap media massa dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistik dengan terus melakukan inovasi, semakin adaptif, dan tangguh menghadapi perubahan zaman.

"Memang tidak mudah, tapi saya yakin insan pers nasional kita mampu menghadirkan terobosan-terobosan positif yang dicatat sejarah," imbuhnya.

Lebih lanjut Nadiem menjelaskan, selain sekolah dan lembaga pendidikan, media massa adalah salah satu institusi strategis dalam pembangunan karakter bangsa.

Ia menambahkan, media massa juga menjadi salah satu sumber belajar penting yang memperkaya ekosistem pendidikan nasional, khususnya di era informasi seperti saat ini.

Baca Juga: Di HPN 2022, Jokowi Dukung Regulasi Hak Cipta Jurnalistik Segera Diterbitkan

"Produk-produk jurnalistik menjadi salah satu materi belajar yang memperkaya pengalaman belajar peserta didik maupun para pendidik. Misalnya, sebuah artikel bisa memantik diskusi yang melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif," ucapnya.

Lebih lanjut, Nadiem berharap kolaborasi insan pers dengan insan pendidikan nasional semakin diperkuat untuk mengakselerasi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia.

Selain itu, ia pun mengajak insan pers nasional untuk bersama-sama mewujudkan Merdeka Belajar.

"Saya harap peringatan Hari Pers Nasional dapat menjadi momentum terciptanya kolaborasi insan pers nasional dan insan pendidikan yang semakin erat. Kita perlu gerakan bersama untuk mewujudkan SDM unggul yang menghadirkan lompatan-lompatan kemajuan," pungkasnya.

Baca Juga: Peringatan Hari Pers Nasional, Puan Maharani Harap Media Massa Tangkal Berita Hoaks



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x