Kompas TV nasional update corona

Jubir Satgas Covid-19: Rt Seluruh Pulau di Indonesia Sudah Berada di Atas 1

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 04:25 WIB
jubir-satgas-covid-19-rt-seluruh-pulau-di-indonesia-sudah-berada-di-atas-1
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito memberikan keterangan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, Selasa (8/2/2022). (Sumber: YouTube BNPB Indonesia)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Peningkatan kasus Covid-19 mulai terjadi sejak pekan ketiga Januari 2022. 

Data Satgas Covid-19 menunjukkan tren kenaikan rawat inap di rumah sakit secara konsisten mulai terjadi sejak tanggal 21 Januari 2022.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, banyaknya kasus harian yang terjadi di DKI Jakarta, Banten, dan Bali telah melampaui pola kenaikan pada periode gelombang kedua pandemi Covid-19 akibat varian Delta.

Baca Juga: Jawa dan Bali Penyumbang Kasus Positif Tertinggi, Satgas Covid-19 Minta Perketat Pintu Keluar

Kenaikan kasus ini juga berujung pada meningkatnya pasien rawat inap di rumah sakit secara konstan sejak 21 Januari 2022. 

Menurutnya, jika tidak diantisipasi, tren ini bisa mengakibatkan peningkatan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit dan fasilitas kesehatan.

"Tidak semua provinsi menyumbangkan kasus dengan besaran yang sama, lebih dari 90 persen penambahan kasus nasional disumbangkan oleh provinsi-provinsi di pulau Jawa dan Bali," ujar Wiku saat jumpa pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (8/2/2022).

Wiku menambahkan effective reproduction number atau Rt di seluruh pulau di Indonesia sudah berada di atas angka satu yaitu antara 1,02 dan 1,12.

Baca Juga: Jubir Satgas Covid-19: Penambahan Kasus Saat Ini 2,5 Kali Lebih Capat Dibanding Gelombang Kedua

Artinya, penularan masih ada dan terjadi di komunitas dengan pola penambahan kasus berlipat atau eksponensial.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x