Kompas TV nasional politik

Hasil Survei: Elektabilitas Anies Melonjak Balap Ganjar, Kesuksesan JIS Disebut Jadi Bahan Kampanye

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 12:33 WIB
hasil-survei-elektabilitas-anies-melonjak-balap-ganjar-kesuksesan-jis-disebut-jadi-bahan-kampanye
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) meninjau langsung proese pengerjaan proyek Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (11/12/2021). (Sumber: Instagram/aniesbaswedan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Center for Political Communication Studies (CPCS) telah melakukan survei terkait sejumlah nama calon presiden (Capres) pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 18,3 persen. 

Baca Juga: KPAI Dukung Anies Baswedan, Desak Pemerintah Pusat Hentikan PTM di Jakarta hingga Maret

Kemudian, disusul dengan nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 14,8 persen. Lalu, di peringkat ketiga ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan meraih 14,5 persen.

Pada survei sebelumnya, Prabowo dan Ganjar mendominasi bursa capres, namun posisi elektabilitas kedua nama itu stagnan dan tidak ada peningkatan secara signifikan.

Hingga akhirnya justru elektabilitas Anies Baswedan yang berhasil merangsek membalap Ganjar Pranowo meskipun perbedaannya sangat tipis.

Direktur Eksekutif  CPCS Tri Okta mengatakan Anies Baswedan memanfaatkan kesuksesan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai bahan kampanye dan pencitraan diri.

Baca Juga: Usulan Setop PTM Satu Bulan Ditolak Luhut, Anies: Kita Laksanakan Sesuai Keputusan

"Stadion (JIS) dan sirkuit menjadi modal kampanye politik Anies sebelum lengser sebagai gubernur dan maju ke kancah Pilpres,” kata Okta melalui keterangan tertulis di Jakarta yang dikutip pada Senin (7/2/2022).

Selain JIS, Okta menuturkan, Anies juga menjadikan gelaran balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 sebagai modal kampanye menjelang Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Okta menyebutkan, Anies juga memiliki modal kuat untuk bertarung pada Pilpres 2024 karena mendapat dukungan dari beberapa partai politik, seperti NasDem, PPP dan PAN.

Okta mengungkapkan bahwa PPP membuka kemungkinan ruang dukungan untuk mengusung Anies sebagai capres.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x