Kompas TV nasional peristiwa

Epidemiolog Menilai Intervensi PPKM Level Tidak Efektif: Omicron Meluas dan Kasus Covid-19 Meningkat

Kompas.tv - 6 Februari 2022, 11:07 WIB
epidemiolog-menilai-intervensi-ppkm-level-tidak-efektif-omicron-meluas-dan-kasus-covid-19-meningkat
Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menyatakan PPKM Level tidak efektif karena varian Omicron dan kasus Covid-19 meningkat. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV — Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiolog Indonesia (PAEI) Masdalina Pane menyatakan PPKM Level tidak efektif karena varian Omicron dan kasus Covid-19 meningkat.

Masdalina menyebut jika intervensi PPKM Level efektif seharusnya dapat menekan perluasan varian Omicron dan angka kasus.

Bahkan ia juga menyatakan bahwa ada tidak adanya PPKM Level laju transmisi akan tetap ada karena sifatnya yang alamiah.

"Ada atau tidak adanya level ini di dalam wilayah laju transmisi ini tetap akan berlanjut seperti ini. Laju transmisi berlangsung alamiah. Kalau memang intervensinya efektif, semestinya Omicron tidak meluas. Kedua, kasus tidak meningkat itu yang menunjukkan bahwa intervensi memang efektif," kata Masdalina Pane dalam acara dialog Sapa Indonesia Pagi Akhir Pekan KOMPAS TV, Minggu (6/2/2022).

Lebih lanjut, ia menerangkan ketika apa yang terjadi dan diintervensikan berbeda, itu saja menjadi tidak efektif dilakukan.

"Indikatornya sederhana,pertama kasusnya terus naik. Kedua, omicron melebar ke berbagai wilayah," imbuhnya.

Menurutnya, di awal Omicron hanya ada di Jakarta. Tapi kemudian dia melebar ke aglomerasi, kemudian ke berbagai provinsi. Sekarang Jawa-Bali sudah mulai meningkat dan bahkan hingga ke luar Jawa-Bali.

"Jadi pertanyaan kita adalah di mana fungsi levelnya itu untuk juga bisa memutus rantai penularan agar kasus ini tidak meluas. Kalau melihat kurvanya yang meningkat terus menerus bahwa menandakan intervensi yang dilakukan belum efektif untuk bisa menahan terhadap sebaran dan peningkatan jumlah kasus," terangnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Akifkan Kembali Rumah Isolasi Terpusat Covid-19 di Setiap Kecamatan

Oleh sebab itu, ia merekomendasikan untuk kembali kepada basic kontrol pengendalian standar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x