Kompas TV nasional berita utama

Jaya Konstruksi Menang Tender Formula E, PDIP DKI Curiga Ada Suntikan Dana dari Pemprov DKI

Kompas.tv - 6 Februari 2022, 10:30 WIB
jaya-konstruksi-menang-tender-formula-e-pdip-dki-curiga-ada-suntikan-dana-dari-pemprov-dki
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak mengatakan ada kemungkinan PT Jaya Konstruksi mendapatkan suntikan dana dari Pemprov DKI Jakarta untuk pembangunan sirkuit Formula E. 

"Sangat mungkin (dapat suntikan dana), hanya bagaimana itu dilakukan masih harus digali," kata Gilbert kepada Kompas.tv, Minggu (6/2/22). 

Gilbert mengatakan, ada kemungkinan Jaya Konstruksi tidak mengeluarkan dana perusahaan secara probono.

"Tetapi ada konsesi di baliknya atau mungkin sekali subsidi besar dari Pemprov DKI," katanya.

Baca Juga: PT Jaya Konstruksi Jadi Pemenang Tender Proyek Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol

Menurut Gilbert, tidak ada kejelasan terkait sumber dana pembangunan sirkuit Formula E yang akan dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi setelah memenangkan tender. 

Sebagai informasi, PT Jaya Konstruksi merupakan anak usaha dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta Group Jaya.

"Ini pemenangnya agak membingungkan juga, karena saham DKI juga ada disana (Pembangunan Jaya), dan lokasi (sirkuit) di Ancol yang punya (Pemprov) DKI, dan Jakpro sudah keluar Rp 70 M,  APBD sudah keluar lebih dari Rp 560 M," kata Gilbert. 

Terlebih, kata dia, belakangan PT Pembangunan Jaya Ancol meminta tambahan dana Rp 1,2 Triliun secara mendadak yang sudah disetujui oleh Bank DKI sehingga Gilbert merasa ada yang janggal dari penunjukkan ini. 

"Banyak sekali pertanyaan karena ini jelas tidak rasionil kalau kesannya Jaya Konstruksi seakan sinterklas," kata Gilbert. 

Baca Juga: Anggota PDIP Sentil Anies Baswedan Sebut Formula E Hanya untuk Tutupi Kegagalan Kepemimpinan

Diketahui, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama terpilih menjadi pemenang tender pembangunan sirkuit Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E.

Vice Managing Director Organizing Committee (OC) Jakarta E-Prix 2022 Gunung Kartiko menjelaskan, keputusan dipilihnya PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk, berdasarkan kelulusan berbagai kriteria penilaian yang telah ditetapkan.

"Pada prosesnya, PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk mendapat kecukupan dan pemenuhan penilaian terbaik di antara penyedia lainnya melalui proses evaluasi dan klarifikasi," ujarnya Kartiko dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/2/2022).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x