Kompas TV nasional peristiwa

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Diminta Perhatikan Kelompok Rentan

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 19:49 WIB
kasus-covid-19-meningkat-pemerintah-diminta-perhatikan-kelompok-rentan
Seorang petugas medis membawa pasien COVID-19 di Kommunarka, Rusia, Sabtu, 29 Januari 2022. Pada Minggu, 30 Januari 2022, kasus harian COVID-19 di Rusia mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan memasuki awal 2022.

Kini per Jumat (4/2/2022) berdasarkan data Satgas Covid-19, terjadi penambahan 32.211 orang yang terjangkit wabah virus corona. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah memperhatikan kelompok rentan seperti lansia, penderita komorbid, dan anak-anak.

Penanganan lonjakan kasus pada Juli tahun lalu harus menjadi pelajaran dalam pengendalian virus corona varian Omicron.

"Pengalaman dalam penanganan lonjakan kasus Covid-19 Juli tahun lalu harus membuat para pemangku kepentingan lebih siap menghadapi tren kasus positif Covid-19 yang meningkat dewasa ini," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022). 

Baca Juga: Satgas Gelar Tes Usap Acak, Usai Temukan Klaster Covid-19 di Sekolah

Kesiapan para pemangku kepentingan dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19, kata dia, harus matang sehingga mampu memberi perlindungan bagi setiap warga dari ancaman paparan virus corona.

Sebab, varian Omicron yang mulai meluas di Tanah Air memberi konsekuensi yang berbeda.

Menurut dia, varian Omicron berdasarkan pendapat para pakar memiliki daya sebar yang tinggi, namun efek terhadap yang terpapar tidak parah.

Meski begitu, para pakar berpendapat varian Omicron bisa berdampak parah terhadap lansia, penderita komorbid, orang yang belum divaksin, dan anak-anak.

"Para pemangku kepentingan harus benar-benar memberi perhatian terhadap kelompok rentan yang rawan mengalami gejala sedang dan berat bila terpapar Covid-19," ujarnya.

Baca Juga: Viral! Positif Covid-19 Padahal Belum Tes PCR, Bumame Farmasi Sebut Ada Kesalahan Kiriman Hasil Tes

Selain itu, cakupan vaksinasi yang belum sepenuhnya mencapai target juga harus menjadi perhatian serius, untuk menekan paparan virus corona di tengah masyarakat.

"Terpenting, kesiapan masyarakat dalam menghadapi tren positif Covid-19 yang meningkat harus dikedepankan, agar langkah segera dalam mencegah penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan baik," katanya.

Politikus Partai Nasdem itu mengimbau agar seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. 

"Memaksimalkan penggunaan peduli lindungi di area-area publik harus terus ditingkatkan untuk memperkuat upaya pengendalian Covid-19 di Tanah Air," katanya.

Baca Juga: 20 Pemainnya Terpapar Covid-19, Madura United Tetap Siap Hadapi Persela

Ia berharap adanya wujud soliditas dari para pemangku kepentingan untuk melakukan pencegahan dalam rangka pengendalian Covid-19 tetap terjaga, sehingga sistem layanan kesehatan mampu menjalankan fungsinya dengan baik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x