Kompas TV nasional kesehatan

Hari Kanker Sedunia 4 Februari dan Ajakan Turunkan Beban Masyarakat

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 08:31 WIB
hari-kanker-sedunia-4-februari-dan-ajakan-turunkan-beban-masyarakat
Logo Hari Kanker Sedunia (Sumber:istimewa-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setiap tanggal 4 Februari punya makna penting bagi penderita kanker dan mayarakat yang cinta pada kesehatan. Sebab pada hari tersebut diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. 

Bukan tanpa tujuan, peringatan ini dimaksudkan agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya upaya pencegahan kanker. Selain itu, peringatan Hari Kanker Sedunia juga diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan manusia terkait penyakit kanker.

Baca Juga: Artis Veteran Korsel, Heo Cham Meninggal Dunia karena Kanker Hati

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan dalam akun twitternya, mengajak masyarakat  untuk manfaatkan momentum peringatan ini untuk mengambil peran mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang untuk menurunkan beban kanker di masyarakat.

Sementara tema peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2022 adalah "Close the Care Gap", yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan dalam pelayanan kanker. Penanggulangan kanker akan berhasil jika dilaksanakan secara terintegrasi dan menyeluruh dengan dukungan dari lintas sektor, profesi, institusi, LSM, masyarakat, dan swasta.

Baca Juga: Kembali Melukis, SBY Pamerkan 3 Karya Terbarunya Usai Pulih dari Kanker Prostat


Dikutip dari harikankersedunia.com, saat ini ada 9,6 juta manusia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. "Empat jutanya meninggal prematur (berusia 30 sampai 69 tahun)," tulis data dari situs tersebut. 

Hari Kanker Dunia merupakan kesempatan yang cocok untuk menyebarluaskan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker maupun media di dunia
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x