Kompas TV nasional politik

Gubernur Kaltim: Dalam Waktu Dekat Presiden Jokowi akan Berkemah di Titik Nol IKN

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 23:37 WIB
gubernur-kaltim-dalam-waktu-dekat-presiden-jokowi-akan-berkemah-di-titik-nol-ikn
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengeluarkan Pergub yang melarang adanya jual beli tanah di kawasan Ibu Kota Negara (IKN), karena merupakan tanah milik negara (21/1/2022). (Sumber: Antara )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo berencana berkemah di titik nol kawasan ibu kota negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Rencana berkemah tersebu diungkapkan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor.

Menurutnya rencana berkemah di titik nol kawasan IKN sebagai bentuk keseriusan Presiden Jokowi dalam pembangunan ibu kota baru di Kaltim. 

"Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi," ujar Isran Noor di acara silaturahmi di Pendopo Odah Etam, Samarinda, Rabu (2/2/2022). Dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pemerintah Klaim Dapat Dukungan Warga Lokal soal IKN, Petani Adat: yang Diundang Hanya Elite

Isan Noor mengaku rencana berkemah di titik nol itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, seusai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin (31/1/2022).

Kala itu, sambung Isran Noor, pertemuan tersebut hanya diikuti oleh tiga orang. Dirinya, Presiden Jokowi da Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Rencananya saat berkemah Presiden Joko Widodo akan mengundang para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa.

Salah satu acara yakni menampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu, akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN.

Baca Juga: Kawal Pembangunan IKN Baru, Kodam VI/Mulawarman Siapkan 6 SSK untuk Berjaga

Isran menyatakan pihaknya telah meminta sekretaris daerah untuk berkoordinasi dengan sekretariat negara untuk mempersiapkan rencana presiden Jokowi berkemah di titik nol kawasan ibu kota negara baru. 

Untuk pembiayaan seluruh proses penyelenggaraan acara akan ditanggung oleh Sekretariat Negara. 

"Pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri," ujar Isran. 

Menurut Isran rencana berkemah di titik nol IKN ini menjadi bukti kuat bahwa Presiden Jokowi sangat serius dengan mimpi besarnya memindahkan ibu kota negara ke Sepaku, Penajam Paser Utara. 

Baca Juga: Firli Bahuri Sebut KPK Akan Ikut Awasi Pembangunan IKN Baru!

Apalagi, DPR RI telah memberikan dukungan dengan disahkannya RUU IKN menjadi UU  pada 18 Januari 2022 lalu.

"Ini berkah luar biasa bagi Kaltim dan pemerataan pembangunan bagi Indonesia," ujar Isran.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x