Kompas TV nasional peristiwa

Resmi Ganti Warna, Ini Alasan Polri Ubah Seragam Satpam Jadi Krem

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 16:18 WIB
resmi-ganti-warna-ini-alasan-polri-ubah-seragam-satpam-jadi-krem
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) dengan seragam barunya berbaris pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). Ini alasan seragam satpam diubah jadi krem. (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polri jelaskan alasan perubahan warna seragam satuan pengamanan (satpam) yang resmi diubah dan dikenalkan hari ini, Rabu (2/2/2022).

 

Alasan perubahan warga seragam satpam ini, karena seragam yang saat ini digunakan mirip dengan seragam anggota Polri.

Kemiripan ini menimbulkan kebingungan di masyarakat yang sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.

“Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Rabu (2/2/2022).

Seperti diketahui, satpam merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya.

Sementara itu, perubahan warna seragam satpam awalnya secara resmi dikenalkan oleh Korbinmas Baharkam Polri dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

"Pengenalan warna seragam baru satpam ini bagian dari sosialisasi kepada masyarakat," kata Ramadhan.

Sebagai catatan, pergantian warna seragam satpam telah mengalami beberapa perubahan sejak dibentuk pada 30 Desember 1980 oleh Jenderal Polisi Awaloedin Djamin.

Baca Juga: Seragam Baru Satpam Resmi Diperkenalkan, Kelakar Netizen Sebut Mirip Polisi India



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x