Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Respons Tokoh Masyarakat dan Adat di Kaltim untuk Pembangunan IKN: Terima Kasih Dukungannya

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 11:43 WIB
jokowi-respons-tokoh-masyarakat-dan-adat-di-kaltim-untuk-pembangunan-ikn-terima-kasih-dukungannya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers terkait perkembangan Covid-19 di Istana Bogor, Jumat (28/1/2022). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV-Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh masyarakat dan adat di Kalimantan Timur.

Lantaran, Presiden Jokowi merasa rencana untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur mendapatkan dukungan.

“Terima kasih untuk dukungan dan masukan yang telah disampaikan dari para tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur,” begitu pernyataan tertulis dalam akun Instagram Presiden Jokowi, Selasa (1/2/2022).

Keterangan dalam akun Instagram Presiden Jokowi itu mengungkap pula adanya pertemuan antara @Jokowi dan para tokoh masyarakat serta adat di Kalimantan Timur di sela kunjungan kerja Presiden. Presiden Jokowi mendengarkan masukan dan aspirasi mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Dukung Pembangunan IKN, Tokoh Masyarakat Kalimantan Minta Jokowi Perhatikan Masyarakat Adat

“Dari soal kearifan lokal, penguatan sumber daya manusia, sampai aspek budaya yang perlu diperhatikan dalam pengembangan IKN mendatang,” begitu keterangan tertulis dalam akun tersebut. 

Seperti telah diberitakan KOMPAS TV, sejumlah nama tokoh masyarakat dan adat Kalimantan Timur memberikan dukungan terhadap pembangunan IKN. Seperti halnya Sultan Kutai Kartanegara, Muhammad Arifin yang menyambut baik dibangunnya IKN di Kalimantan Timur.

“Kami atas nama Sultan Kutai Kartanegara mendukung penuh 100 persen diadakannya pembangunan IKN saat ini,” ujarnya.

Kemudian ada juga dukungan dari Sultan Paser, Muhammad Jarnawi, yang menyampaikan bahwa Kesultanan Paser menyambut antusias pembangunan IKN.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Jarnawi mengaku sangat bangga bisa bertemu dan berdialog dengan Presiden Joko Widodo.

“Kami sendiri dari Kesultanan Paser menyambut dengan antusias IKN dan kami memohon segera dibangun ibu kota negara baru ini. Karena kami yakin dengan perpindahan ibu kota baru mudah-mudahan membawa wajah baru dan martabat di dunia,” ucapnya.

Baca Juga: Edy Mulyadi Tegaskan Tetap Tolak IKN di Kalimantan: Potensi Mangkraknya Luar Biasa

“Kami juga meminta dari Kesultanan Paser dibuat Istana Kesultanan Paser di dekat IKN ibu kota negara," tambahnya.

Selanjutnya, dukungan diberikan oleh Kepala Adat Dayak Kenya, Ajang Tedung, yang menuturkan dengan senang hati adanya rencana pembangunan IKN. Ia berpesan, agar masyarakat adat dilibatkan dalam Badan Otorita maupun pembangunan fisik IKN tersebut.

“Pertama itu, dengan adanya IKN ini tolong di dalam Badan Otorita tuh masyarakat adat bisa diakomodir. Yang kedua dalam pembangunan fisik ya masyarakat sebagai mitra kerja. Yang ketiga karifan lokal, tolong perhatikan kearifan lokal, adat istiadat, budaya,” kata Ajang.

Kemudian dukungan juga datang dari Syarifuddin HR yang merupakan Ketua Kerukunan Bubuhan Banjar.

Baca Juga: Diisukan Jadi Kepala Otorita IKN Nusantara, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Dalam pesannya kepada Presiden Jokowi, Dia menekankan agar masyarakat adat setempat lebih diperhatikan, terutama menyangkut kualitas sumber daya manusianya.

“Kami hanya minta tolong diperhatikan sumber daya manusia kami supaya kami tidak kalah dengan saudara-saudara kami pendatang dari luar nantinya, supaya saudara-saudara kami generasi kami nanti bisa bersaing karena penduduk Kalimantan adalah penduduk yang welcome, yang selalu bisa menghargai satu sama lain,” ujar Syarifuddin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x