Kompas TV nasional hukum

Edy Mulyadi Tegaskan Tetap Tolak IKN di Kalimantan: Potensi Mangkraknya Luar Biasa

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 15:55 WIB
edy-mulyadi-tegaskan-tetap-tolak-ikn-di-kalimantan-potensi-mangkraknya-luar-biasa
Edy Mulyadi yang pernyataannya dipermasalahkan. (Sumber: YouTube)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - YouTuber Edy Mulyadi menyatakan tetap menolak Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Alasannya, dia berpendapat biaya pembangunan IKN akan bermasalah dan berpotensi mangkrak.

"Kemarin baru baca (berita) Bank Dunia menegur Bank Indonesia tidak boleh lagi beli surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah," kata Edy saat tiba di Bareskrim Polri di Jakarta pada Senin (31/1/2022).

Baca Juga: Setelah Sempat Tak Hadir Penuhi Panggilan, Akhirnya Hari Ini Edy Mulyadi Penuhi Panggilan Penyidik

"Itu artinya nanti pembiayaan IKN nanti akan kembali bermasalah, dan potensi mangkraknya luar biasa."

Edy juga berpendapat IKN akan memperparah ekologi di Kalimantan. Menurutnya, hal yang sekarang sudah rusak di Kalimantan, akan bertambah rusak.

Demikian juga dengan konsesi-konsesi yang ia sebut dimiliki para oligarki akan mendapatkan kompensasi dari lahan-lahan yang mereka miliki.

Juga akan dibebaskan dari kewajiban untuk merehabilitasi lahan-lahan yang dipakai untuk tambang.

Baca Juga: Edy Mulyadi Kembali Minta Maaf : Musuh Saya Bukan Warga Kalimantan

"Selama puluhan tahun Kalimantan itu dieksploitasi habis-habisan, sudah berapa miliar ton batu bara diangkut, sudah berapa juta hektare hutan ditebas, diangkut, sudah berapa ribu atau juta lahan-lahan milik adat dirampas, gasnya belum macam-macamnya," tutur Edy.

Menurut dia, seharusnya dengan sumber daya alam yang luar biasa dimiliki oleh Kalimantan lalu dieksploitasi besar-besaran, harusnya lebih mensejahterakan masyarakat Kalimantan.

Namun faktanya, kata Edy, kehidupan masyarakat Kalimantan masih jauh dari kehidupan yang seharusnya didapatkan dari sumber daya alam yang dimilikinya.

"Seharusnya saudara-saudara saya warga masyarakat penduduk Kalimantan jauh lebih sejahtera dari pada kami di Jakarta di Pulau Jawa ini," ucapnya.

Baca Juga: Bawa Pakaian, Edy Mulyadi Menduga Bakal Ditahan Klaim Sadar Tengah Dibidik!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.