Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP: Pembangunan JIS Bukan Keberhasilan Anies Semata

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 13:07 WIB
politikus-pdip-pembangunan-jis-bukan-keberhasilan-anies-semata
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Gilbert Simanjuntak menyebut,  pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) bukan semata keberhasilam  Gubernur  Anies Baswedan.

"Betul (bukan keberhasilan Anies semata), tapi citra  yang dibangun seakan itu keberhasilan dia semata," kata Gilbert melalui pesan singkat, Senin (31/1/22). 

Padahal, kata Gilbert, pembangunan JIS sudah berlangsung sejak Jakarta dipimpin Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. 

"Sekalipun demikian rencana ini sudah dicanangkan sejak Gubernur Sutiyoso tetapi milestone-nya belum terlihat," katanya. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Puji Anies Baswedan Soal JIS; Stadiumnya Keren Pak!

Pengadaan lahan JIS dilakukan sebagai ganti stadion Lebak Bulus pada saat Jokowi masih menjabat sebagai gubernur.

Namun, pembangunan sempat terhenti karena Ahok kalah dalam Pilkada DKI 2017 yang kemudian diteruskan oleh Anies. 

"Seakan dia yang rencanakan, bangun, dan lain-lain tanpa mengucapkan terima kasih ke pendahulu (Jokowi dan Ahok)," ujarnya. 

Lebih lanjut, Gilbert mengatakan pembangunan JIS hampir mangkrak pada 2020 karena APBD DKI tidak mampu membiayai. 

"Akhirnya Pusat turun tangan memberi bantuan lewat dana PEN sebesar Rp 3,6 T (tahun 2020 dan 2021) dari anggaran JIS Rp. 4,5 T. Artinya biaya pembangunan JIS sebesar 80 persen dari Pusat," ujarnya. 

Baca Juga: Sekjen PDIP Kritik Anies, Bandingkan dengan Pemerintahan Era Ahok

Karena itulah, kata Gilbert, sangat tidak etis jika Anies memuji diri sendiri seolah itu pencapaian pribadi dan tidak menghargai upaya dari pemimpin sebelumnya. 

"Biaya cicilan dan bunga juga ditanggung rakyat lewat APBD, bukan beban Jakpro dan akan dilanjutkan oleh Pejabat Gubernur Oktober 2022 dan Gubernur terpilih nanti 2024," ujarnya. 

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melontarkan pujian kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait pembangunan JIS.  

Pujian ini ia sampaikan dalam sambutan pada acara pidato kebudayaan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Sabtu (29/1/2022).

"Sahabat saya Pak Anies Baswedan, Gubernur DKI, stadiumnya (JIS) keren, Pak Anies. Luar Biasa. Sebagai arsitek ngomongnya," kata Ridwan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x