Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Ingin Kantor DMI Juga Berfungsi sebagai Pusat Pendidikan dan Dakwah yang Mencerdaskan

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 10:58 WIB
jokowi-ingin-kantor-dmi-juga-berfungsi-sebagai-pusat-pendidikan-dan-dakwah-yang-mencerdaskan
Presiden Jokowi saat memberi keterangan terkait ditemukannya kasus varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kantor baru Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) dapat berfungsi sebagai pusat pendidikan dan dakwah yang mencerdaskan.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataannya sebelum meresmikan kantor Pengurus Pusat DMI di Matraman, Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

“Dan saya berharap kantor baru ini akan menjadikan DMI semakin semangat menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah bagi umat Islam, tapi juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, sebagai pusat dakwah yang mencerdaskan,” ujar Jokowi.

“Dan juga berfungsi sebagai tempat untuk membangun persatuan untuk memperkokoh ikatan kebangsaan dan juga pusat pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga: Dewan Masjid Indonesia Akhirnya Punya Kantor setelah 50 Tahun, Jusuf Kalla: Ini Berkat Pak Jokowi

Menurut Presiden Jokowi, DMI sebagai pusat dakwah dan pendidikan umat masjid sepatutnya juga menjadi tempat bagi umat untuk memperdalam ilmu agama.

Termasuk, sambung Presiden, mewujudkan amal kebaikan dan akhlak yang mulia hingga menyemai Islam sebagai rahmat bagi semesta alam atau rahmatan lil alamin.

“Sehingga masjid ikut berkontribusi dalam membangun peradaban negara kita dan juga membangun SDM yang unggul yang berkarakter yang berakhlak mulia,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyambut baik ikhtiar DMI untuk memakmurkan masjid.

“Karena itu masjid harus difungsikan sebagai penguat ekonomi umat, masjid betul-betul berusaha membangun masyarakat yang berdaya secara ekonomi secara politik maupun budaya,” ujarnya.

Baca Juga: Demokrat Kritik Jokowi Terbitkan Perpres untuk Tunjuk Wamensos: Kabinet Semakin Gemuk

“Ikut bersama pemerintah mengurangi pengangguran, memberantas kemiskinan, dan menekan angka ketimpangan yang masih sekarang ini kita miliki sehingga kesejahteraan umat semakin meningkat dan semakin baik.”

Sebelumnya, Ketua DMI Jusuf Kalla berterima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mendukung pembangunan kantor Pengurus Pusat DMI.

Sebab setelah 50 tahun berdiri, akhirnya Pengurus Pusat DMI tidak perlu mengontrak lagi.

“Semua ini atas berkat dan juga bantuan dari pemerintah, Bapak Presiden dalam hal ini yang telah memberikan hibah lahan dan ini tentu dilaksanakan baik oleh Menteri Keuangan dan Menteri Agama,” kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla bercerita, selama 10 tahun memimpin DMI, sudah lima kali mengontrak rumah untuk dijadikan kantor DMI.

Baca Juga: Gus Yahya Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

“Dari SD Istiqlal pindah ke Jalan Borobudur, Jl Borobudur pindah ke Jalan Surabaya, Jalan Surabaya pindah ke Jenggala, baru punya rumah sendiri setelah 50 tahun,” ucap Jusuf Kalla.

“Jadi semua itu saya ucapkan salam syukur dan terima kasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi sehingga kami dan juga kepada donator yang telah membantu terselenggaranya gedung ini,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x