Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Perayaan Malam Tahun Baru, Ada Crowd Free Night di 73 Titik Jakarta

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 09:38 WIB
antisipasi-perayaan-malam-tahun-baru-ada-crowd-free-night-di-73-titik-jakarta
Seorang polisi lalu lintas berjaga di depan lokasi penutupan areal crowd free night di salah satu kawasan di DKI Jakarta, Minggu (12/9/2021) dini hari tadi. (Sumber: Akun Twitter @TMCPoldaMetro)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya akan memberlakukan Crowd Free Night (CFN) atau Malam Tanpa Kerumunan untuk membatasi mobilitas kendaraan dan pejalan kaki di malam tahun baru 2022 pada 31 Desember 2021. Polisi akan mengatur lalulintas kendaraan dan pejalan kaki sedemikian rupa agar kerumunan massa dan kemacetan di jalan raya terhindari. 

“Untuk pengamanan malam tahun baru itu akan diberlakukan crowd free night. Ada 73 titik yang akan diberlakukan di Jakarta,” ucap Kepala  Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan kepada wartawan, Selasa (21/12/2021). 

Zulpan menjelaskan, 73 area Malam Tanpa Kerumunan diupayakan di enam lokasi yang menjadi titik rawan massa. 

Beberapa kawasan tersebut antara lain: Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Asia Afrika, kawasan Monas, Kemang, Dharmawangsa, Senopati, dan Jalan Pangeran Antasari serta wilayah Banjir Kanal Timur.

Baca Juga: Wajib Tutup Jam 22.00, Tempat Hiburan & Mal di Jakarta Juga Dilarang Buat Pesta Malam Tahun Baru

Diharapkan pemberlakuan CFN dapat mengurangi kegiatan dan kerumunan saat malam tahun baru untuk menekan potensi lonjakan kasus Covid-19. 

CFN pada malam tahun baru 2022 merupakan bagian dari Operasi Lalin Jaya 2021 di wilayah DKI Jakarta.

Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI akan mengerahkan 8.000 personel pengamanan mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Kekuatan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya dan Pemda DKI jumlah kekuatan seluruhnya berjumlah 8.000 personel,” kata Zulpan.

Kegiatan ini juga mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan leveling PPKM yang berlaku di DKI Jakarta.

Baca Juga: Balik ke PPKM Level 2, DKI Jakarta Adakan “Crowd Free Night” untuk Kurangi Mobilitas Jelang Nataru


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x