Kompas TV nasional update corona

Kronologi Indonesia Temukan 3 Kasus Covid-19 Varian Omicron Pertama Pekan Ini

Kompas.tv - 19 Desember 2021, 07:09 WIB
kronologi-indonesia-temukan-3-kasus-covid-19-varian-omicron-pertama-pekan-ini
Ilustrasi temuan kasus Covid-19 varian Omicron. (Sumber: iStockphoto/Thomas Faull)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia pertama kalinya mencatat tiga konfirmasi kasus Covid-19 varian Omicron kurang dari sepekan. 

Kasus pertama yakni N, petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran yang terkonfirmasi tertular varian Omicron pada Kamis (16/12/2021) lalu. N tidak mengalami gejala apapun. 

“Kementerian Kesehatan tadi malam telah mendeteksi seorang pasien N inisialnya terkonfimasi Omicron pada tanggal 15 Desember. Pasien N ini adalah pekerja pembersih di rumah sakit Wisma Atlet,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers, Kamis (16/12).

Sampel dari pasien diambil pada tanggal 8 Desember 2021 bersama dua pekerja kebersihan di Wisma Atlet lainnya. 

Sampel kemudian dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing pada 10 Desember 2021. Lalu, pada 15 Desember 2021 diketahui salah satu di antara tiga kasus positif tersebut merupakan varian Omicron. 

“Kita lihat bahwa ada 3 pekerja pembersih Wisma Atlet yang positif PCR-nya, tapi yang terkonfirmasi positif Omicron adalah satu orang,” jelasnya. 

Diketahui, pasien N tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. 

Baca Juga: 2 Kasus Omicron dari Perjalanan Internasional, Satgas Covid-19 Imbau WNI Tunda Pulang ke Tanah Air

Bersamaan dengan pasien N, Budi mengatakan pihaknya tengah menunggu hasil genome sequencing pada lima kasus probable Omicron lainnya.

“Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, Kementerian Kesehatan juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron,” kata Budi. 

Terkini, selisih dua hari kemudian tepatnya Sabtu (18/12), dua dari lima kasus tersebuO kemudian terkonfirmasi varian Omicron, yakni IKWJ (42), laki-laki pelaku perjalanan dari Amerika Selatan, dan M (50), laki-laki, pelaku perjalanan dari Inggris.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ, 42 tahun, laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan serta M, 50 tahun, laki-laki, perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, dalam keterangannya, Sabtu (18/12).

Baca Juga: Kemenkes: 2 Pasien Baru Omicron Miliki Riwayat Perjalanan dari Inggris dan Amerika Selatan

Saat ini kedua pasien Covid-19 varian Omicron sedang menjalani karantina di Wisma Atlet.

Kedua pasien terbaru dikonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron ini ditemukan saat menjalani karantina wajib 10 hari setelah kembali dari luar negeri. 

Adapun RSDC Wisma Atlet Kemayoran sudah dilakukan lockdown selama tujuh hari.

Pasien yang sudah sembuh menjalani perawatan juga tidak bisa keluar untuk mencegah penyebaran varian baru Omicron di masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x