Kompas TV nasional update corona

Tiga Orang di Indonesia Positif Varian Omicron, Satgas Covid-19 Mulai Telusuri Kontak Erat

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 19:07 WIB
tiga-orang-di-indonesia-positif-varian-omicron-satgas-covid-19-mulai-telusuri-kontak-erat
Presiden Jokowi saat memberi keterangan terkait ditemukannya kasus varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Varian Omicron terdeteksi di Indonesia. Setidaknya sudah ada tiga orang yang terdeteksi Covid-19 varian Omicron ini.

Pertama, petugas kebersihan di Wisma Atlet. Kedua, seorang yang memiliki riwayat perjalanan dari Belanda dan Inggris, dan ketiga, seorang yang memiliki riwayat bepergian dari Amerika Selatan.

“Saat ini dilakukan isolasi di Wisma Atlet, dan yang jadi tantangan sekarang adalah menelusuri kontak erat untuk tracing,” ujarnya, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga: Satgas Covid-19: Lebih dari 2.000 Orang di Wisma Atlet Diperiksa terkait Varian Omicron

Ia menyebutkan sejauh ini belum ada penularan lokal varian Omicron, kendati demikian penyebab penularan varian Omicron kepada petugas kebersihan di Wisma Atlet masih ditelusuri.

Sejauh ini, varian Omicron yang masuk ke Indonesia menyerang usia muda dan orang-orang yang sudah divaksin. Hasil yang teramati, penularannya cepat tetapi tidak menimbulkan keparahan.

“Cuma, sebagian yang diserang ini kan kelompok muda, ketahanannnya tinggi. Kami belum tahu bagaimana kalau menyerang orang dengan komorbid, orang yang belum divaksin, atau kelompok rentan,” ucapnya.

Baca Juga: Pasien Positif Omicron Bertambah 2 Orang, Diketahui Baru Kembali dari Amerika Selatan dan Inggris

Ia mengungkapkan penelitian sementara menunjukkan penularan varian Omicron sampai di tenggorokan dan tidak turun ke paru-paru.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x