Kompas TV nasional agama

Gus Ipul: Gus Yahya Hidupkan Gagasan dan Sosok Gus Dur

Kompas.tv - 18 Desember 2021, 12:58 WIB
gus-ipul-gus-yahya-hidupkan-gagasan-dan-sosok-gus-dur
Gus Yahya (tengah) dijagokan untuk menjadi Ketua Umum PBNU pada Muktamar 2021. Menurut Gus Ipul, ia mampu menghidupkan Gus Dur. (Sumber: Situs Resmi NU)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua PBNU Saifullah Yusuf atau biasa disapa Gus Ipul menilai, sosok KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) identik dengan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). Identik dalam konteks gagasan tentang bangsa dan keagamaan.

Gus Ipul mengakui, keduanya memang tidak sama persis. Namun, imbuhnya, Gus Yahya setidaknya memiliki banyak kemampuan, salah satunya menerjemahkan ide-ide besar Gus Dur.

Hal itu, kata Gus Ipul, terlihat dari buku bertajuk Menghidupkan Gus Dur: Catatan Kenangan Yahya Cholil Staquf (2021) yang ditulis oleh AS Laksana yang berisi kisah-kisah unik mantan juru bicara Gus Dur tersebut selama di Istana dan mendampingi presiden keempat RI itu.

“Kalau kita baca buku menghidupkan kembali Gus Dur di situ tergambar bagaimana Gus Yahya dengan detail bisa menterjemahkan pemikiran Gus Dur,” kata Gus Ipul, Sabtu (18/12), sebagaimana keterangan yang diterima KOMPAS TV.

Baca Juga: Angin Regenerasi NU Kian Kencang, Gus Yahya Jelaskan Sulitnya Cari Ketua seperti Gus Dur

Dalam buku tersebut, kata Gus Ipul, lewat narasi piawai dari AS Laksana tergambar jelas bagaimana Gus Yahya mampu membawa suasana seakan Gus Dur hidup kembali.

“Gus Dur seakan hidup kembali karena Gus Yahya memang Gus Dur muda,” kata mantan Ketua Umum GP Ansor dua periode itu.

Gus Ipul yang kebetulan keponakan Gus Dur ini bercerita, dari sekian banyak kader Gus Dur saat ini, salah satunya Gus Yahya yang bisa menerjemahkan pemikiran-pemikiran Gus Dur.

Baca Juga: Regenerasi atau Tiga Periode, Said Aqil atau Gus Yahya: Siapa Ideal Jadi Ketua PBNU?

Gus Ipul pun mengajak para penggemar Gus Dur dan masyarakat umum untuk hadir dalam acara bedah buku “Menghidupkan Gus Dur, Catatan Kenangan Yahya Cholil Staquf”, besok atau Minggu (19/12/2021).

Dalam acara tersebut, akan hadir Gus Yahya, penulis buku AS Laksana, dan beberapa teman Gus Dur seperti Greg Barton (penulis biografi Gus Dur), Najib Azca dan lain-lain.

Sementara itu, dalam Muktamar NU yang digelar di Lampung pada 22-23 Desember mendatang, Gus Yahya menjadi salah satu kandidat Ketua Umum PBNU terkuat yang akan menantang petahana, KH Said Aqil Siradj.

Apakah ini bentuk dukungan Gus Ipul ke Gus Yahya? Jawaban Gus Ipul bisa jadi akan diutarakan pada acara bedah buku besok.

Baca Juga: Gus Yahya Setuju Dicalonkan Ketum PBNU, Begini Profilnya yang Gemar Safari ke Tokoh Agama Dunia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x