Kompas TV regional agama

Angin Regenerasi NU Kian Kencang, Gus Yahya Jelaskan Sulitnya Cari Ketua seperti Gus Dur

Rabu, 24 November 2021 | 15:22 WIB
angin-regenerasi-nu-kian-kencang-gus-yahya-jelaskan-sulitnya-cari-ketua-seperti-gus-dur
Gus Yahya, menemui ulama karismatik Sulsel, Habib Syekh Sayyid Abd Rahim Assegaf atau akrab disapa Puang Makka. Angin regenerasi untuk calon ketua PBNU kian kencang setelah Gus Yahya dapat dukungan dari beliau  (Sumber: Tribun Makassar). 

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Yahya Cholil Staquf atau yang biasa disapa Gus Yahya menjelaskan soal karakter kepemimpinan dalam tubuh Nadhlatul Ulama (NU). Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan masyarakat, khususnya warga NU, adalah pemimpin seperti almarhum Gus Dur.

Hal itu itu dia ungkapkan dalam kunjungan ke Makassar, saat berjumpa dengan ulama Kharismatik Habib Syekh Sayyid Abd Rahim Assegaf atau akrab disapa Puang Makka di kediaman pribadinya di markas Rahim Assegaf Center (RAS) Jl Baji Bicara, Makassar, Senin sore.

“Sulit untuk mencari figur atau ulama yang sempurna. Orang hebat seperti Gus Dur itu, sulit untuk kita harapkan muncul lagi (Dalam sejarah),” kata Gus Yahya sebagaiman dikutip dari Tribun Makasar (24/11).

Gus Yahya lantas menjelaskan, seorang pemimpin NU dan memimpin negara seperti Gus Dur bahkan dalam 100 tahun mendatang belum tentu bisa hadir lagi.

“Sosok pemimpin seperti Gus Dur sulit kita harapkan untuk lahir berulang kali dalam sejarah, mungkin setelah 100 tahun lagi (baru ada)," katanya.

Selain itu, kata Gus Yahya yang dibutuhkan NU ke depan adalah soal restrukturiasi organisasi. Bukan sekadar figur belaka.

"Saya melihat, bahwa yang dibutuhkan lebih dari seorang figur. Yang dibutuhkan adalah restruktur organisasi keseluruhan tatanan organisasi yang tepat," ujarnya.

Baca Juga: Regenerasi atau Tiga Periode, Said Aqil atau Gus Yahya: Siapa Ideal Jadi Ketua PBNU?

Angin Regenerasi Kian Kencang di NU Jelang Muktamar 

Dalam kesempatan yang sama, dengan nada tersirat Puang Makka mendukung Gus Yahya sebagai ketua PBNU menggantikan Said Aqil Siradj. Apalagi, menurut dia Said Aqil Sirajd secara pribadi juga tidak pernah berjumpa dengannya.

“Kalau ditanya ketua PBNU sekarang, saya tidak tahu sosoknya. Soalnya dia tidak pernah ketemu, tidak pernah ke sini juga,” kata Puang Makka.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19