Kompas TV nasional update corona

Meski Telah Keluar dari Masa Krisis Covid-19, IDI Minta Sistem Kesehatan Tetap Diperkuat

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 08:35 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebut, Indonesia telah keluar dari krisis pada masa pandemi covid-19.

Meski begitu, IDI meminta pihak-pihak terkait tetap memperkuat sistem layanan kesehatan untuk menanggulangi potensi lonjakan kasus.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Lagi, DKI Jakarta Kembali Berstatus Level 1

Merujuk pada kondisi saat ini, ketua terpilih PB IDI Mohammad Adib Khumaidi menyebut, Indonesia bisa masuk fase endemi bila lonjakan kasus tidak terjadi pada masa libur natal dan tahun baru.

Meski jumlah kasus harian tergolong landai dalam beberapa pekan terakhir, ia meminta banyak pihak untuk tetap memperkuat sistem manajemen layanan dan sumber daya kesehatan.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan bahwa pemerintah belum berani mengatakan, Indonesia sudah melalui masa krisis dari situasi pandemi Covid-19.

“Ya kita belum berani mengatakan itu, tapi dari secara empirik kita memang sudah 150 hari lebih kita bisa flattening ya dan apakah kita sudah masuk endemik kita tunggu saja. Saya kira nanti bulan Januari,” ucap Luhut.

“Setelah kita lewati ini semua, kita tidak boleh jumawa. Tapi sampai hari ini kita memang masih dalam level 1 dan masih confidence,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x