Kompas TV nasional peristiwa

Begini Kondisi Jalan di Liang Melas Datas Karo, Daerah yang Kasih Oleh-Oleh 3 Ton Jeruk ke Jokowi

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 05:35 WIB
begini-kondisi-jalan-di-liang-melas-datas-karo-daerah-yang-kasih-oleh-oleh-3-ton-jeruk-ke-jokowi
Truk pengangkut jeruk hasil perkebunan petani saat melintas jalan rusak di daerah Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. (Sumber: KOMPAS TV/HENDRI SETIAWAN)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

KARO, KOMPAS.TV - Sebanyak enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara kesulitan untuk mengirim hasil pertanian berupa jeruk ke pasar.

Hal ini lantaran infrastruktur jalan untuk keluar wilayah Liang Melas Datas rusak parah. Jalan berlumpur membuat hasil pertanian yang ingin dipasarkan tidak maksimal.

Tidak sedikit jeruk hasil bumi para petani di enam desa dan tiga dusun Liang Melas Datas hancur akibat terjatuh saat pengiriman ke luar wilayah.

Baca Juga: Pesan Petani Karo ke Jokowi lewat Kiriman 3 Ton Jeruk

Bahkan mobil pengangkut oleh-oleh jeruk hasil bumi masyarakat Liang Melas Datas untuk Presiden Joko Widodo harus berjalan perlahan di jalan rusak yang penuh kubangan lumpur. Sesekali truk hampir terguling karena keadaan jalan. 

Paham Sitepu, salah satu warga Liang Melas Datas menjelaskan infrastruktur rusak menuju daerahnya ini sudah berlangsung selama 25 tahun. 

Paham menyatakan warga sangat berharap Presiden Jokowi dapat mengunjungi daerah Liang Melas Datas dan melihat langsung kendala yang dihadapi masyarakat. 

Kondisi akses jalan dari daerah Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara saat pengiriman oleh-oleh 3 ton jeruk untuk Presiden Jokowi. (Sumber: KOMPAS TV/HENDRI SETIAWAN)

"Kalau berkenan Pak Jokowi bisa hadir di sini, melihat keadaan kita. Jalan infrastruktur ini sudah hancur lebur sehingga pengiriman hasil bumi ke pasar sulit sekali. (Kerusakan) kurang lebih sudah 25 tahun belum ada perbaikan," ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Bahas Jalan Rusak di Karo

Sebanyak enam perwakilan warga Liang Melas Datas telah mendatangi Presiden Joko Widodo untuk meminta perhatian agar jalan menuju desa diperbaiki.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x