Kompas TV nasional update corona

Waspada Varian Omicron, Satgas Covid-19 Buka Peluang Ada Perubahan Aturan Karantina

Kompas.tv - 27 November 2021, 20:18 WIB
waspada-varian-omicron-satgas-covid-19-buka-peluang-ada-perubahan-aturan-karantina
Warga duduk di sebuah kafe di Roma, Italia pada 24 November 2021. Dunia kembali dihantam varian baru Covid-19 bernama Omicron yang memiliki mutasi lebih dari 30 dan diduga kuat jauh lebih menular dibanding varian terkuat saat ini. (Sumber: Straits Times via Reuters)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Satgas Covid-19 segera merespons penemuan varian baru Covid-19, Omicron atau B.1.1.529 dengan melakukan rapat koordinasi untuk evaluasi.

Seperti yang diketahui, Badan Kesehatan Dunia, WHO, sudah menetapkan Omicron ke dalam golongan variant of concerns (VOC) yang sederajat dengan varian Alfa, Beta, dan Delta, Jumat (26/11/2021).

“Sumbernya memang di Afrika Selatan, tetapi tidak menutup kemungkinan di negara lain, jadi kami perlu koordinasi untuk evaluasi di segala bidang,” ujar Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting, Sabtu (27/11/2021).

Rapat koordinasi akan diadakan pada Senin (29/11) pekan depan, mengingat evaluasi Satgas Covid-19 dilakukan setiap awal minggu.

Salah satu hal yang bisa berubah sesuai dinamika munculnya varian Omicron adalah terkait surat edaran karantina.

“Surat edaran soal karantina perjalanan dari luar negeri bisa dievaluasi,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Satgas Covid-19 juga akan mendorong kembali peningkatan kapasitas laboratorium untuk menguji sampel tes Covid-19.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa Indonesia akan lebih waspada dengan varian baru ini agar tidak terulang lagi seperti varian Delta sebelumnya.

Sejumlah aturan karantina bagi WNA dan WNI yang berasal dari Afrika pun akan diperketat menyusul munculnya varian Omicron.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x