Kompas TV nasional update corona

Dorong Percepatan Vaksinasi, RI Kembali Datangkan 4,8 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dan Moderna

Kompas.tv - 19 November 2021, 20:45 WIB
dorong-percepatan-vaksinasi-ri-kembali-datangkan-4-8-juta-dosis-vaksin-astrazeneca-dan-moderna
Ilustrasi vaksin Covid-19. Indonesia kembali kedatangan 4,8 juta dosis vaksin AsztraZeneca dan Moderna. (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia kembali mendatangkan 4,8 juta dosis vaksin Covid-19 guna menambah persediaan vaksin di tanah air.

Seperti diketahui, penambahan ketersediaan vaksin Covid-19 ini sebagai upaya pemerintah untuk melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi nasional, menuju target vaksinasi 70 persen penduduk pada akhir 2021.

"Hingga saat ini, lebih dari 340 juta dosis vaksin telah berhasil kita datangkan melalui berbagai skema," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, melalui keterangan resminya, Jumat (19/11/2021). 

Adapun vaksin yang tiba pada hari ini, Jumat (19/11) terdiri dari 4.059.290 dosis vaksin jadi Oxford-AstraZeneca dan 800 ribu dosis vaksin Moderna.

Johnny menuturkan vaksin Oxford-AstraZeneca yang tiba, adalah kedatangan vaksin tahap ke-124 yang mendarat di Indonesia.

Menurut penjelasannya, sekitar 4 juta dosis vaksin tersebut didapatkan melalui pembelian langsung.

Dengan kedatangan tersebut, lanjut dia, maka jumlah total vaksin Covid-19 Oxford-AstraZeneca yang diterima Indonesia menjadi 41,5 juta dosis dengan merek dagang Vaxzevria dan KconecaVac untuk yang dibuat di China.

Vaksin yang merupakan hasil kerja sama AstraZeneca dan Universitas Oxford ini telah dikirimkan ke Indonesia melalui berbagai skema, termasuk skema kerja sama langsung kepada pemerintah, COVAX maupun donasi dari negara lain.

Sementara itu, Johnny menyebut, 800 ribu dosis vaksin Moderna adalah kedatangan vaksin tahap ke-125.

Vaksin ini merupakan bentuk donasi dari Pemerintah Belanda kepada Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x