Kompas TV nasional gaya hidup

Cerita WNI Penyintas Covid-19 yang Membuka Kursus Pastry di Italia

Kompas.tv - 18 November 2021, 17:10 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Di Italia, ada seorang warga negara Indonesia yang membuka kelas pastry atau dekorasi kue. Kursus pastry miliknya pun sempat terhenti karena pandemi covid-19 dan dirinya pun juga sempat terkonfirmasi positif covid-19.

Di awal pandemi covid-19 pada tahun 2020 lalu, negara Italia menjadi negara yang memiliki jumlah postif covid-19 dan kematian karena covid-19 tertinggi ketiga di dunia. Dan ternyata di antara pasien positif covid-19, salah satunya ada seorang warga negara Indonesia yang turut berjuang melawan virus itu.

Namanya Marda Dian Ekowati, seorang pengajar pastry dan dekorasi kue di Italia. Di bulan Maret 2020, Dian terkonfirmasi positif covid-19. Kursus pastry miliknya pun terpaksa dihentikan.

Hingga akhirnya angka kasus covid-19 mulai menurun di Italia dan setelah satu setengah tahun, akhirnya Dian kembali membuka kursus pastrynya.

Baca Juga: Chef Pastry Terbaik Di Dunia Dinobatkan Kepada Chocolatier Belgia

Kelas dekorasi kuenya ini sudah sangat dinanti-nanti oleh murid-muridnya yang rata-rata juga merupakan ibu rumah tangga dan juru masak pastry. Sebelumnya, Dian sempat membuka kelas secara daring, namun warga Italia lebih antusias jika kelasnya dibuka secara tatap muka. 

Awalnya dian sejak di Indonesia juga merupakan juru masak pastry dan kemudian 10 tahun yang lalu Dian mendapat beasiswa dari Pemerintah Italia Diploma Pastry di universitas di Perugia.

Dari situlah Dian kemudian melengkapi berbagai teknik pastry atau dekorasi kue dan sempat turut mewakili tim juru masak pastry Italia pada tahun 2015 meraih penghargaan kue terbesar dalam Guinness World Record mengalahkan kue dari Inggris.

Kursus pastry yang ia buka tidak hanya digelar di Bologna, tetapi juga akan digelar di Roma dan Torino.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x