Kompas TV internasional kompas dunia

Chef Pastry Terbaik Di Dunia Dinobatkan Kepada Chocolatier Belgia

Kompas.tv - 29 Oktober 2020, 18:54 WIB
chef-pastry-terbaik-di-dunia-dinobatkan-kepada-chocolatier-belgia
Pierre Marcolini, seorang pembuat cokelat dari Belgia dinobatkan sebagai salah satu koki kue terbaik dunia oleh World Pastry Stars. (Sumber: Reuters)
Penulis : Agung Pribadi

Brussels, Kompas TV - Pierre Marcolini (56) adalah seorang pembuat cokelat Belgia yang baru-baru ini dinobatkan sebagai salah seorang koki kue terbaik di dunia.

Penghargaan besar ini ia dapat dari hasil penjurian oleh reporter independen yang membantu mengkonsolidasikan produsen cokelat kelas atas yang dimiliki reputasinya oleh negara Belgia seperti dilansir dari Reuters.

Sebuah organisasi koki yang berbasis di Italia dari negara-negara pembuat kue tradisional dan cokelat seperti Prancis dan Swiss, serta Jepang dan sekitarnya, World Pastry Stars, adalah penyelenggara penghargaan yang kemudian diraih oleh Marcolini

Dikenal karena gayanya yang minimalis, cokelat Marcolini telah menjadi hadiah mewah, hanya dengan beberapa kotak yang laku dibanderol dengan harga lebih dari 100 euro ($ 118,19).

Marcolini selalu berusaha memberikan keunggulan menarik pada penganan, kue, makaroni, dan selai.

Dia pun telah membuka toko dari Jerman hingga China, yang menyerupai butik kelas atas.

"Proyek gila yang bertujuan merenovasi, mengubah, memodernisasi dunia kue dan dunia cokelat". Dikatakan Marcolini kepada Reuters sebagai pembenaran usahanya ketika menerima penghargaan.

Marcolini, 56, yang lahir di kota rust belt, Charleroi di Belgia,  memulai bisnis pertamanya di Brussel 25 tahun lalu, juga mengatakan dia berharap cokelat dapat menghibur orang selama pandemi virus corona.

"Kami berada dalam masa suram ... Saya pikir hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berakhir di rumah dengan sebatang, sekotak coklat, praline," katanya.

Belgia bangga dengan penguasaan cokelatnya, lebih dari seabad setelah Jean Neuhaus menemukan cokelat isi krim dengan cangkang keras, praline, pada tahun 1912.

Namun Belgia menghadapi persaingan dari produsen asing, Kanada hingga Malaysia yang memasarkan produk mereka sebagai "Belgia style "atau dari" resep Belgia ".

Belgia membanggakan lebih dari 200 perusahaan cokelat, lebih dari 2.000 toko dan museum cokelat, tur dan lokakarya, seperti museum kakao dan cokelat Brussels.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x