Kompas TV nasional berita utama

Menaq Yaqut kepada Muhammadiyah: Terus Tebar Bakti

Kompas.tv - 18 November 2021, 16:18 WIB
menaq-yaqut-kepada-muhammadiyah-terus-tebar-bakti
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas. Menag berharap Muhammadiyah dalam usianya ke-109 terus menebarkan bakti bagi negara dan bangsa. (Sumber: Dok. Kemenag)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Muhammadiyah dalam usianya ke-109 terus menebarkan bakti bagi negara dan bangsa.

Pernyataan itu disampaikan Menag Yaqut untuk milad ke-109 Muhammadiyah di Jakarta, Kamis (18/11/2021).

“Saya ucapkan selamat milad ke-109. Terus tebar bakti, terima kasih Muhammadiyah,” ujar Yaqut seperti dikutip dari Antara.

Dalam pernyataannya, Menag Yaqut menuturkan Muhammadiyah dalam keberadaannya bukan hanya memberikan contoh dan teladan baik kepada umat Islam.

Lebih dari itu, Muhammadiyah juga memberikan bakti dan kepedulian kepada masyarakat umum melalui semangat Al-Ma’un.

Semangat memangkas kesenjangan antara si kaya dan si miskin yang diajarkan KH Ahmad Dahlan.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Peran Muhammadiyah dalam Mewarnai Perjalanan Bangsa

Seperti halnya eksistensi Muhammadiyah di tengah pandemi Covid-19 yang terus berkhidmat menebar manfaat dan bersama-sama membangun optimisme umat.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Fuad Nasar berpendapat, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam telah menjadi unsur peradaban bangsa.

Muhammadiyah melalui karya dan pengabdian para pemimpinnya telah berjasa dalam pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mempertahankan, dan mengisinya hingga sekarang.

“Dalam rentang waktu begitu panjang dan episode sejarah yang gemilang, Muhammadiyah telah membina kecerdasan, kesehatan dan kesejahteraan jutaan anak bangsa melalui lembaga pendidikan, rumah sakit dan amal usaha Muhammadiyah di seluruh wilayah Indonesia dan sampai ke luar negeri,” ujarnya.

Baca Juga: Haedar Nashir soal Penangkapan Anggota MUI: Saya Percaya Kepolisian Saksama Mengatasinya

Bagi Fuad, salah satu karakter termahal yang disumbangkan Muhammadiyah kepada bangsa Indonesia adalah kepeloporan dalam membangun kemandirian umat dan mengembangkan sikap keberagamaan yang washatiyyah (jalan tengah, moderat).

“Semoga menapak usia 109 tahun miladiyah, Muhammadiyah semakin kokoh dalam mengibarkan panji-panji ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah insaniyah,” kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x