Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Apresiasi Peran Muhammadiyah dalam Mewarnai Perjalanan Bangsa

Kompas.tv - 18 November 2021, 10:33 WIB
jokowi-apresiasi-peran-muhammadiyah-dalam-mewarnai-perjalanan-bangsa
Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengapresiasi peran Muhammadiyah dalam mewarnai perjalanan bangsa. Menurutnya, Muhammadiyah telah bersinergi dalam membangun kekuatan, berjuang, merawat dan memajukan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Milad ke-109 Muhammadiyah, Kamis (18/11/2021).

“Sejarah telah mencatat bahwa perserikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat Muslim yang berkemajuan sebagai kunci untuk meraih martabat Insan Kamil,” katanya.

“Nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasathiyah telah menjadi fondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara Muslim terbesar yang aman dan demokratis.”

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi lebih lanjut menyampaikan pemerintah juga mengapresiasi, menghargai kontribusi dan konsistensi Muhammadiyah dalam penanganan pandemi.

Sebab, kata dia, insan Muhammadiyah telah mendampingi, menguatkan, dan mencerahkan umat hingga umat melakukan ikhtiar medis dan mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Di Milad ke-109, Jokowi: Islam Berkemajuan Diperjuangkan Muhammadiyah Buat Indonesia Dikenal Dunia

“Sejak awal pandemi Muhammadiyah bergerak cepat mengerahkan seluruh potensi amal usahanya cara terorganisir, melakukan kerja-kerja kemanusiaan dengan tulus dan ikhlas,” ucapnya.

“Muhammadiyah menunjukkan contoh kesalehan sosial mengoptimalkan pemanfaatan lebih dari 117 rumah sakit dan 63 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19.”

Kini, lanjut Presiden Jokowi, berkat kerjasama dan kerja keras dari seluruh komponen bangsa laju penyebaran Covid-19 berhasil ditekan dan diturunkan.

“Masyarakat perlahan-lahan bisa beraktivitas kembali, usaha-usaha produktif juga mulai bergerak, walaupun kita tetap harus waspada agar kasus positif tidak naik dan tidak bangkit kembali,” ujarnya.

“Kita patut bersyukur bahwa penanganan pandemi Covid 19 di Indonesia diapresiasi oleh masyarakat internasional.”

Tak hanya itu, di hadapan insan Muhammadiyah, Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia patut bersyukur karena sudah dipercaya sebagai Keketuaan Presidensi G20.

Baca Juga: Jokowi: Selamat Milad ke-109, Muhammadiyah Berjuang dan Memajukan Indonesia

Indonesia, katanya, merupakan negara di asia pertama yang berhasil mendapat kepercayaan tersebut.

“Kita menjadi negara berkembang pertama yang mendapatkan kepercayaan dan kehormatan besar ini,” kata Jokowi.

“Pengakuan yang membuktikan bahwa kita mampu dan bisa. Kepercayaan memegang presidensi G20 ini akan kita optimalkan, kita gunakan untuk berkontribusi bagi kemakmuran dunia yang merata.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x