Kompas TV nasional peristiwa

Perkuat Pengamanan Perairan Selatan Mandalika, Polda NTB Gelar Patroli di Laut

Kompas.tv - 17 November 2021, 21:49 WIB
perkuat-pengamanan-perairan-selatan-mandalika-polda-ntb-gelar-patroli-di-laut
Sebuah kapal patroli dan dua unit helikopter milik Polda Nusa Tenggara Barat tampak berpatroli di perairan selatan kawasan Mandalika, Lombok, Rabu (17/11/2021). (Sumber: KOMPAS TV/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

MANDALIKA, KOMPAS.TV – Jelang gelaran World Super Bike (WSBK) dan Asia Talent Cup (ATC) pada 19 – 21 November, Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar patroli di perairan Lombok selatan untuk memperkuat pengamanan laut di bagian selatan kawasan sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Rabu (17/11/2021).

Dari pantauan KOMPAS TV,  di kawasan Pantai Seger yang berada tepat di selatan sirkuit Mandalika, sebuah kapal patroli dan dua unit helikopter tampak lalu-lalang di perairan selatan Lombok pada sekitar pukul 11 siang.

Kapal Polisi Baladewa-8002 itu berlayar dari Pelabuhan Perikanan Teluk Awang di Kabupaten Lombok Tengah dan berpatroli di sepanjang kawasan selatan Mandalika.

Menurut Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi ancaman gangguan yang ada. 

Baca Juga: Penumpang Bandara Internasional Lombok Naik 21 Persen Jelang WSBK Mandalika

“Kita kan tidak tahu di laut ada apa (ancaman gangguan), tetapi kita sudah menyebar semua personel perairan," kata Mohammad Iqbal, seperti dikutip dari ANTARA.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal (kanan) didampingi personel polair menunjuk ke arah luar kaca ketika berada di anjungan Kapal Polisi Baladewa-8002 di perairan selatan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Rabu (17/11/2021). (Sumber: (ANTARA/HO-Humas Polda NTB))

Tugas personel polair, jelasnya, juga mencakup kawasan pesisir laut. Tugas pengamanannya dilaksanakan bersama tim gabungan dari TNI AL dan Basarnas yang dilengkapi fasilitas penunjang.

Selain berpatroli di kawasan perairan selatan Mandalika, Iqbal juga memastikan kesiapan para personelnya di pos masing-masing, termasuk di kawasan perbukitan Mandalika.

Baca Juga: Marshal Sirkuit Mandalika Ungkap Kekecewaan Dianggap Biang Kerok Ditundanya Gelaran Asia Talent Cup

Pada Rabu, ratusan personel polisi memang tampak berjaga di perbukitan di kawasan Pantai Seger.

"Kami melihat dari laut dan kami pastikan anggota menjaga seluruh bibir pantai dan perairan dari hal yang tidak diinginkan. Begitu juga personel Brimob, Sabhara dan BKO Mabes Polri terlihat berjaga di bukit dan jalan kawasan Mandalika," ujarnya.

Tugas pengamanan WSBK di Sirkuit Mandalika ini berjalan dengan sandi Operasi Mandalika Rinjani 2021 dengan menerjunkan 2.058 personel Polda NTB dan jajaran polres, 408 personel Mabes Polri 300 personel TNI, dan 465 personel gabungan pengamanan dari kalangan instansi pemerintahan serta masyarakat.

Baca Juga: Kekurangan Marshal, Sentul Bantu Sirkuit Mandalika

Ribuan personel bertugas dengan dukungan sarana kedinasan yang sebagian besar berupa kendaraan penunjang operasi di lapangan, diantaranya dua unit kapal dan satu unit helikopter Korpolairud Baharkam Polri; 35 unit kendaraan roda dua dan 24 unit kendaraan roda empat Korlantas Polri; 16 kendaraan taktis Brimob; dan 19 ekor anjing pelacak K-9 Korsabhara Baharkam Polri.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x