Kompas TV nasional politik

Fraksi PDIP Sebut Program Normalisasi Sungai di Jakarta Tak Berjalan, Ini Respons Wagub DKI

Kompas.tv - 17 November 2021, 11:33 WIB
fraksi-pdip-sebut-program-normalisasi-sungai-di-jakarta-tak-berjalan-ini-respons-wagub-dki
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jetski Academy Indonesia, Minggu (7/11/2021). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fraksi PDI-Perjuangan DPRD DKI Jakarta mengkritik program normalisasi sungai yang dinilai tidak berjalan selama empat tahun kepemimpinan Anies Baswedan. 

Terkait hal ini, Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, bahwa semua program terkait dengan pengendalian dan penanganan banjir sudah disusun perencanaannya.

"Semua program terkait pengendalian banjir dan penanganan banjir sudah disusun perencanaannya termasuk normalisasi, naturalisasi (sungai), dan lain-lain," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (16/11/2021) malam.

Perencanaan ini, katanya, sudah disesuaikan dan disusun berdasarkan tahapan prioritas masing-masing program. 

"Pembangunan tanggul, polder, waduk, semua sudah disusun mana prioritas tahapannya disesuaikan dengan perencanaan yang disesuaikan," kata Riza. 

Baca Juga: Komisi D DPRD DKI Ancam Hapus Anggaran Sumur Resapan, Ini Kata Wagub DKI

Ia mengatakan, program normalisasi sungai akan berjalan sebab pihaknya sudah mendiskusikan program ini dengan Kementerian PUPR.

"Insyallah, kita sudah diskusikan dengan kementerian PUPR," kata Riza. 

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto atau dikenal sebagai Tina Toon, mengkritik tidak berjalannya program normalisasi sungai selama empat tahun terakhir dalam Rapat Paripurna tentang pemandangan umum fraksi mengenai RABPD 2022, Selasa (16/11). 

Ia mendorong agar Pemprov DKI tetap melanjutkan program normalisasi sungai meskipun selama empat tahun ini tidak berjalan. 

"Walaupun terlambat karena selama empat tahun terakhir, Pemerintah Provinsi tidak melakukan sedikit pun normalisasi," kata Tina. 

Baca Juga: Desak Pemprov DKI Jakarta Kejar Normalisasi Sungai, Tina Toon: Hapus Program yang Tidak Jelas

Diketahui, DPRD DKI Jakarta telah menyetujui anggaran sebesar Rp1,2 triliun untuk program normalisasi dan restorasi sungai untuk dikerjakan Pemprov DKI pada 2022.

Menurut Fraksi PDIP, progres normalisasi sangat penting untuk keberlanjutan pengendalian banjir di Jakarta. 

"Semakin mengancamnya banjir di Jakarta ini membuat kita harus semakin bekerja keras dalam memikirkan jalan keluar terbaik agar Ibu Kota bisa mengurangi dampak banjir yang kerap terjadi," kata Fraksi PDIP.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x