Kompas TV nasional sosial

Belanda Nilai Indonesia Capai Hasil Mengesankan dalam Merespons Pandemi

Kompas.tv - 16 November 2021, 17:11 WIB
belanda-nilai-indonesia-capai-hasil-mengesankan-dalam-merespons-pandemi
Pemerintah Indonesia telah mencapai hasil yang mengesankan dalam merespons pandemi COVID-19. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah Indonesia dinilai telah mencapai hasil yang mengesankan dalam upayanya merespons pandemi Covid-19.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Ardi Stoios-Braken, Chargé d’Affaires ad interim Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

“Pemerintah Indonesia telah mencapai hasil yang mengesankan dalam merespon pandemi Covid-19. Penduduk Indonesia dalam jumlah besar telah divaksinasi secara lengkap dan mekanisme PPKM secara bertahap dilonggarkan di wilayah-wilayah yang sudah memenuhi syarat,” ucapnya saat penyerahan bantuan material perlindungan diri Covid-19, seperti dikutip dari keterangan tertulis Palang Merah Indonesia (PMI).

Dia menambahkan, pemerintah Belanda merasa bangga bisa mendukung upaya ini dan menunjukkan solidaritasnya pada Indonesia melalui donasi berupa obat-obatan dan vaksin.

Baca Juga: Bantuan Logistik Terus Berdatangan, Satgas Berharap Bantuan Dapat Dialihkan ke Bantuan Material

Meski demikian, lanjut Stoios-Braken, masih ada daerah dan kelompok masyarakat yang kebutuhannya belum cukup terpenuhi.

Dia berharap, dengan sumbangan barang-barang perlindungan diri yang diserahkan tersebut, pihaknya dapat mendukung PMI dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dalam menjawab kebutuhan tanggap Covid-19 di daerah dan bagi kelompok masyarakat tersebut.

Sementara, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, kasus Covid di Indonesia telah mengakibatkan kurang lebih 140 ribu orang meninggal dan sekitar 4 juta orang terpapar.

“Untuk itu, dibutuhkan dukungan semua bangsa untuk dapat memenangkan perang melawan Covid-19. Bantuan dari Kedutaan Belanda ini sangat bermanfaat dan kami berterimakasih atas bantuan ini,” ucapnya.

Dia menambahkan, walaupun kasus Covid di Indonesia saat ini menurun hingga 99 persen, dan kondisinya berbeda dengan yang terjadi pada Juli 2021 saat peningkatan kasus mencapai sekitar 50 ribu per hari, semua pihak harus tetap waspada.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x