Kompas TV nasional peristiwa

Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 Saat Nataru, Luhut: Saya Ajak Semuanya untuk Tidak Egois

Kompas.tv - 16 November 2021, 11:54 WIB
antisipasi-kenaikan-kasus-covid-19-saat-nataru-luhut-saya-ajak-semuanya-untuk-tidak-egois
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: Dokumentasi Humas Kemenko Marves)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat untuk tidak egois dan euforia berlebihan dalam perayaan yang meninmbulkan kerumunan masyarakat dalam jumlah besar.

Terutama, Luhut menekankan perayaan yang dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini ditekankan sebagai bagian dari upaya antisipasi agar tidak terjadinya peningkatan kasus Covid-19 pada saat momentum Natal dan Tahun Baru.

Luhut meminta seluruh pihak dapat bersama-sama menaati protokol kesehatan sehingga tidak memicu pengulangan pengalaman buruk di waktu silam. Akibat dari kelalaian hingga memicu kenaikan kasus Covid-19 yang signifikan, terutama pada Juli 2021.

"Di kesempatan ini, di tengah angka peningkatan kasus di Eropa dan beberapa negara lain yang terus tinggi, saya kembali mengajak kita semuanya untuk tidak egois dan saling berbesar hati agar kita sama-sama bisa menaati kembali protokol kesehatan yang terus diimbau agar kita tidak kembali mengulang pengalaman buruk pada masa yang lalu akibat kelalaian kita," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran persnya, Senin (15/11/2021).

"Apa yang telah kita perjuangkan bersama selama ini layak untuk terus dijaga dan tidak dilupakan hanya karena kejenuhan dan keegoisan kita semua," ujarnya.

Kendati demikian, pemerintah juga telah mempersiapkan berbagai skenario untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus akibat Nataru. Kesiapan segala aspek baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi untuk diperhitungkan dari sekarang.

Baca Juga: Jelang Nataru, Satgas Beber 4 Faktor Pemicu Lonjakan Covid-19, Pemda Diminta Siaga

"Kesuksesan dalam menahan kenaikan kasus Covid19 pada periode Nataru 2021, akan menentukan keberlanjutan pemulihan ekonomi kita ke depan," sebut Luhut.

Tak hanya itu, Luhut juga mengingatkan pentingnya kehati-hatian bersama karena terdapat indikasi peningkatan kasus di Jawa Bali dalam sepekan terakhir ini. Hal itu terlihat dari beberapa Kabupaten Kota di Jawa Bali yang mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan.

Khusus wilayah Jawa Bali terdapat 29 persen Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan minggu lalu dan 34 persen Kabupaten Kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu.

“Kehati-hatian harus dilakukan terutama untuk menghadapi Nataru (Natal dan Tahun Baru). Saat ini indikator Google Mobility yang memantau pergerakan masyarakat di Jawa Bali menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan di atas periode Nataru tahun lalu dan mendekati posisi periode Idul Fitri pada Mei-Juni 2021,” ujar dia.

Luhut mengungkapkan, pemerintah menemukan kondisi di lapangan yang menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat yang patuh akan protokol kesehatan semakin berkurang. Hal ini sebut dia, tentunya sangat mengkhawatirkan dalam menghadapi potensi kenaikan mobilitas dan kasus konfirmasi Covid-19 di masa Nataru.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x