Kompas TV nasional update corona

Waspada 5 Daerah Ini Terdapat Kenaikan Kasus Aktif dan Positif Covid-19, DKI Jakarta Termasuk

Kompas.tv - 9 November 2021, 19:39 WIB
waspada-5-daerah-ini-terdapat-kenaikan-kasus-aktif-dan-positif-covid-19-dki-jakarta-termasuk
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito menyatakan penyintas Covid-19 dan panitia yang terlibat dalam ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua harus melakukan RT-PCR dua kali dan menjalani karantina selama 5 hari. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satgas Covid-19 mencatat terdapat penurunan 12,2 persen kasus Covid-19 di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan menjelaskan pada periode 1 hingga 7 November 2021, terdapat penurunan kasus 12,2 persen dibandingkan minggu lalu. 

Menurut Wiku penurunan kasus mingguan ini sudah yang ke 16 kali berturut-turut sejak puncak kasus kedua pada Juli 2021 lalu.

Namun sayangnya ada 5 provinsi yang mencatatkan kasus positif tertinggi jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Baca Juga: Update Corona Indonesia 9 November 2021: 434 Kasus Positif, 585 Orang Sembuh, 21 Meninggal Dunia

Kelima provinsi tersebut yakni, Papua Barat naik 100 kasus, DI Yogyakarta naik 77 kasus, DKI Jakarta naik 46 kasus, Sulawesi Tenggara naik 5 kasus dan Kepulauan Bangka Belitung naik 5 kasus.

Wiku menyatakan meski penambahan ini terbilang sedikit namun, harus dicemati karena terhintung besar jika dibandingkan dengan provinsi lain yang tidak mengalami kenaikan kasus.

"Mohon kepada seluruh gubernur kelima provinsi yang naik minggu ini untuk segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di bawahnya untuk mengantisipasi adanya kenaikan kasus di minggu berikutnya, dan terus melakukan pencegahan Covid-19 di wilayahnya," ujar Wiku saat jumpa pers, Selasa (9/11/2021).

Wiku menambahkan dalam minggu ini juga mencatat penurunan kasus kematian yang lebih rendah dari penurunan angka kasus positif, yaitu turun 31,7 persen. 

Baca Juga: Dorong Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, Pemprov DKI Gelar Jakarta Investment Forum 2021

Meski terdapat penurunan namun ada lima provinsi yang mencatatkan ada lima provinsi dengan angka kematian di minggu ini.

Lima provinsi tersebut yakni, Sulawesi Utara naik 5 kematian, Sumatera Barat 3 kematian, Sulawesi Selatan 2 kematian, Riau 2 kematian, Kalimantan Barat 1 kematian. 

Menurut Wiku jika tujuan kita Covid-19 menuju endemi maka kita tidak bisa menoleransi satu kematian pun. Untuk itu lima gubernur di provinsi yang mencatat kematian untuk berkoordinasi dengan bupati dan wali kota di bawahnya untuk meningkatkan pelayanan pasien.

"Tidak hanya di rumah sakit tetapi juga yang melakukan isolasi mandiri," ujar Wiku. 

Baca Juga: Kenaikan Kasus Covid-19, Jokowi Perintahkan Menkes Awasi 5 Provinsi Ini!

Lebih lanjut Satgas juga mencatat lima provinsi yang mengalami kasus aktif tertinggi yakni Jawa Tengah ada 1.650 kasus, Papua 1.629 kasus. 

Jawa Barat 1.568, DKI Jakarta 1.536 kasus dan Kalimantan Utara 738 kasus.

"Kepada gubernur di provinsi ini mohon diingat provinsi ini penyumbang terbanyak kasus aktif di tingkat nasional. Mohon segera berkoordinasi ke bupati dan wali kota yang menjadi daerah penyumbang tertinggi," ujar Wiku Adisasmito.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x