Kompas TV nasional peristiwa

Hari Pahlawan 2021: Mengenang Pahlawan Revolusi Indonesia

Kompas.tv - 9 November 2021, 14:17 WIB
hari-pahlawan-2021-mengenang-pahlawan-revolusi-indonesia
Kolase para pahlawan revolusi yang tewas akibat Gerakan 30 September 1965 (G30S). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Pahlawan 10 November 2021 adalah momen yang tepat untuk kembali mengenang mereka yang telah berjasa membangun Indonesia.

Ada berbagai peristiwa sejarah yang terjadi selama puluhan tahun lalu yang hingga akhirnya membuat Indonesia seperti sekarang.

Salah satunya adalah peristiwa Gerakan 30 September tahun 1965 yang menggugurkan banyak sekali masyarakat Indonesia dan sejumlah perwira militer. 

Dalam peristiwa inilah, Pemerintah Indonesia memberikan gelar ke sejumlah perwira militer dengan sebutan Pahlawan Revolusi.

Baca Juga: Hari Pahlawan 10 November: Tokoh-tokoh yang Disebut Pahlawan Kebangkitan Nasional

Mengenal Pahlawan Revolusi

Pahlawan Revolusi adalah mereka yang gugur dalam agenda penculikan Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan cara yang sadis dan keji.

Melansir Gramedia, Ada 10 perwira tinggi yang dianugerahi Pahlawan Revolusi, 7 di antaranya dikenal sebagai korban kekejaman di Lubang Buaya.

Tujuh perwira militer yakni A.H Nasution, Ahmad Yani, Parman dan empat perwira tinggi Angkatan Darat lainnya, dituduh melakukan makar kepada Presiden RI pertama, yaitu Ir Soekarno.

Pembunuhan tujuh perwira tinggi pada 30 September 1965 dipimpin oleh Letkol Untung, komandan Batalyon Cakrabirawa.

Mereka dijemput paksa dan dibawa ke Lubang Buaya untuk disiksa bahkan dibunuh. Setelah dibunuh, mereka dimasukkan ke dalam sumur yang ada di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Jasad mereka akhirnya ditemukan dalam sumur berkedalaman kurang lebih 12 meter oleh Satuan Resimen Anggota Komando Angkatan Darat pada tanggal 4 Oktober 1965.

Baca Juga: Ir Soeratin Soesrosoegondo, Pahlawan Nasional Sepak Bola Indonesia

10 Pahlawan Revolusi Indonesia



Sumber : Gramedia, Wikipedia


BERITA LAINNYA



Close Ads x