Kompas TV nasional politik

Mantan Kepala Bais Sebut Sebetulnya Indonesia Tidak Perlu Panglima TNI

Kompas.tv - 8 November 2021, 06:40 WIB
mantan-kepala-bais-sebut-sebetulnya-indonesia-tidak-perlu-panglima-tni
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Sumber: Puspen Mabes TNI)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI Soleman B Ponto menilai bahwa sebetulnya Indonesia tidak memerlukan jabatan Panglima TNI.

Ia mengungkapkan alasan dirinya menyatakan demikian karena TNI langsung dipegang oleh presiden sebagai pemenang kekuasaan tertinggi.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: Jenderal Andika Perkasa Panglima TNI Paling Top, Sayangnya...

Hal tersebut, kata Soleman, berdasarkan Undang-Undang Dasar (UUD) bahwa presiden memegang kekuasaan terhadap TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. 

"Kalau kita lihat Undang-Undang Dasar tidak ada Panglima TNI. Langsung presiden. Presiden memegang kekuasaan tertinggi terhadap angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara," kata Ponto dalam sebuah diskusi daring pada Minggu (7/11/2021), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Lebih lanjut, Soleman juga menyoroti pemilihan calon Panglima TNI yang dipilih berdasarkan dari kepala staf masing-masing matra.

Baca Juga: Diduga Terlibat Pelanggaran HAM, Kontras Kritik Penunjukan Andika Perkasa Jadi Calon Panglima TNI

Menurut dia, level Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) merupakan orang-orang terbaik yang memiliki kapabilitas di bidangnya.

Karena itu, Soleman menyebut, sehingga tidak serta merta bisa disebut bahwa Jenderal Andika Perkasa merupakan yang terbaik di antara kepala staf lainnya.

"Bagaimana kita membandingkan kan tidak bisa membandingkan apple to apple bahwa darat dibandingkan laut lebih bagus darat, laut dengan udara enggak bisa," ujar dia.

Baca Juga: Moeldoko Beberkan Tradisi Pergantian Panglima TNI: Darat, Laut, Darat, Udara, Nanti Darat Lagi




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x