Kompas TV nasional peristiwa

TNI AL dan Royal Australian Navy Unjuk Kekuatan di Laut Jawa

Kompas.tv - 3 November 2021, 20:36 WIB
Penulis : Aryo bimo

SURABAYA, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut dipercaya menjadi tuan rumah dalam Latihan Bersama (Latma) dengan Royal Australian Navy (RAN) bersandi New Horizon 2021.

Latihan yang dilaksanakan di Surabaya, Laut Jawa dan Laut Bali ini digelar sejak tanggal 29 Oktober hingga 3 November 2021,

Dalam Tahap Manuver Lapangan atau Sea Phase, tiga unsur kapal perang dilibatkan, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan KRI Malahayati-362 dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II, serta HMAS Anzac F-150 milik RAN.

Baca Juga: Prabowo Serahkan 2 Kapal Perang ke TNI AL: Ini Hasil dari Rakyat, Tolong Dijaga

Dengan tambahan dua unit helikopter, sukses melakukan serangkaian serial latihan. Di antaranya melakukan aksi manuver dengan membentuk lima formasi dalam Serial Photo Exercise.

Formasi tersebut antara lain berjajar, formasi kangguru, kemudian formasi Cendrawasih dan formasi Komodo, serta formasi bumerang.

Selanjutnya, ketiga kapal perang melanjutkan dengan serial latihan Replenishment At Sea (RAS) atau peran pembekalan di laut berupa metode mentransfer bahan bakar, amunisi, dan barang lainnya dari satu kapal ke kapal lain saat posisi sedang berlayar.

Baca Juga: Berharap Panglima TNI dari Angkatan Laut, Pengamat: Indonesia Segera Menghadapi Perang Laut

Usai Serial RAS, ketiga unsur New Horizon 2021 langsung melaksanakan Serial Gunex dengan Formasi Oscar. Urutan pertama HMAS Anzac F-150 melepaskan tembakan meriam utama dengan sasaran tomato killer, disusul urutan kedua tembakan meriam 76 KRI GNR-332, dan terakhir meriam Bofors 120 mm dari KRI Malahayati-362

Latihan diakhiri dengan serial Surface Exercise (Surfex) dimana KRI GNR berperan sebagai Commander Surface Action Group (SAG), yang berhasil menetralisir tembakan musuh.

Dari latihan ini diharapkan dapat terpeliharanya mutual trust building antara Indonesia dengan Australia, juga meningkatkan hubungan kerja sama, interoperability dan pemahaman antara personel TNI AL dan RAN yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Dispen Armada II TNI AL

BERITA LAINNYA



Close Ads x