Kompas TV nasional update

IDAI Beri Rekomendasi Vaksin untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Kompas.tv - 3 November 2021, 15:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization terhadap vaksin Sinovac pada anak usia 6-11 tahun.

Vaksin Sinovac baik Coronavac dan vaksin Covid-19 Bio Farma diizinkan untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Menanggapi hal ini Ikatan Dokter Anak Indonedia (IDAI) merekomendasi vaksin Covid-19 untuk anak.

IDAI mengeluarkan rekomendasi pemberian vaksin Covid-19, Coronavac, pada anak usia 6 tahun ke atas pada 2 November 2021.

Selanjutnya, Menteri Kesehatan mengatakan telah mengindentifikasi jumlah anak usia 6-11 tahun yang akan divaksin Covid-19. Tercatat akan ada 26 juta anak usia 6 tahun keatas yang akan divaksin.

Terkait aturan teknis pemberian dan skrining (IDAI) menyebut vaksin Covid-19 pada anak diberikan sebanyak dua kali dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua 4 minggu dengan skema pelaksanaannya akan dilakukan seperti skema imunisasi nasional yang dilakukan di sekolah.

Vaksin tidak direkomendasikan bagi anak yang memiliki atau mengalami kontraindikasi sejumlah penyakit penyerta atau komorbid mengalami demam lebih dari 37,5 derajat celsius anak baru sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan dan pascaimunisasi lain kurang dari 1 bulan dan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Namun, IDAI menegaskan agar orangtua di berbagai daerah di Indonesia tidak ragu membawa anak-anaknya melakukan vaksinasi Covid-19.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x