Kompas TV nasional sapa indonesia

Harga Tes PCR Turun Gara-Gara Dua Faktor Ini, Apa Saja?

Kompas.tv - 3 November 2021, 05:05 WIB
harga-tes-pcr-turun-gara-gara-dua-faktor-ini-apa-saja
Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo mengatakan hukum permintaan dan penawaran serta jumlah laboratorium penyedia layanan tes PCR menjadi penyebab perubahan harga tes PCR. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hukum permintaan dan penawaran serta bertambahnya jumlah laboratorium penyedia layanan tes PCR menjadi dua faktor yang menyebabkan harga tes PCR turun.

Penjelasan itu disampaikan oleh Tenaga Ahli Utama Kedeputian II Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo dalam Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Selasa (2/11/2021).

Abraham mengatakan, selama ini penentuan harga tes PCR ditetapkan melalui penelitian dan audit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), bukan keputusan satu atau dua orang.

Harga PCR pun disebutnya bisa diakses langsung oleh masyarakat secara terbuka, sebab pengadaannya melalui e-Catalog.

“Jadi aspek transparansi kita kedepankan. Sedangkan perubahan harga, jadi setiap perubahan harga, ketika Rp2 juta dari audit BPKP, ketika Rp1 juta dari audit BPKP. Intinya apa? Pemerintah ingin menjaga integritas terkait penentuan harga tersebut,” urainya.

Harga tes PCR berubah-ubah, kata Abraham, karena pada awal pandemi hanya ada satu laboratorium yang bisa melakukan tes PCR dan berada di Jakarta.

Sehingga, sampel-sampel dikirim dari luar Jawa ke Jakarta untuk tes PCR.

Tetapi, saat ini sudah ada 742 laboratorium yang bisa melakukan tes PCR. Adanya perubahan kompetisi, imbuhnya, menyebabkan harga menjadi lebih kompetitif.

Baca Juga: Komisi IX DPR: Kalau Antigen Diakui, Kenapa Harus Wajibkan Orang Pakai PCR?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x