Kompas TV nasional politik

SBY Kena Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan

Kompas.tv - 2 November 2021, 11:39 WIB
sby-kena-kanker-prostat-jokowi-kirim-tim-dokter-kepresidenan
Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berbicara dalam forum international conference yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Banda Aceh, Senin (4/10/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/Tangkapan Layar)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Staf Pribadi Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ossy Dermawan mengatakan, saat ini kondisi SBY, sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, mengalami kanker prostat.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat ia akan menjalani pengecekan dan pengobatan di luar negeri. 

Baca Juga: Sakit Kanker Prostat, SBY Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Luar Negeri

"Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Ossy dalam keterangan tertulis, Selasa (2/11/2021). 

Ia menjelaskan, sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut, SBY sudah menelepon Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri. 

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota Tim Dokter Kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," ujarnya. 

Ia menyebut, komunikasi yang dilakukan antara Tim Dokter Indonesia dan Tim Dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani pengobatan SBY. 

"Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," ujarnya. 

Baca Juga: JK Bantah Hasto soal Pemerintahan SBY Banyak Rapat dan Lamban Ambil Keputusan

Selain itu, perlu disampaikan bahwa selama ini SBY tetap menjalani kegiatan sehari-hari, seperti menunggu klub bolavoli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, berolahraga serta kegiatan-kegiatan lain. 

"Melalui press release ini, Bapak SBY memohon doa dari para sahabat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya agar medical treatment yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," katanya.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x