Kompas TV nasional agama

Khofifah Masuk 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia, Pengamat: Inspirasi Perempuan Indonesia

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 20:27 WIB
khofifah-masuk-500-tokoh-muslim-berpengaruh-dunia-pengamat-inspirasi-perempuan-indonesia
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk dalam jajaran 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia.  (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa masuk dalam jajaran 500 tokoh Muslim berpengaruh di dunia. 

Diketahui, daftar tersebut dikeluarkan oleh The Royal Islamic Strategic Studies Centreyang. 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif IndoStrategic sekaligus Managing Director Paramadina Public Policy Institute (PPPI) Dr A Khoirul Umam mengatakan, masuknya nama Khofifah wujud pengakuan terhadap perannya di ruang politik dan kebijakan publik.

“Capaian ini bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia lainnya, khususnya kalangan Nahdliyin dan Muslimah Indonesia pada umumnya,” kata Umam seperti yang dikutip dari ANTARA, Minggu (31/10/201). 

Dia mengungkapkan prestasi Khofifah ini dapat menjadi bekal untuk karier ke depannya. Termasuk jika Gubernur Jatim ini nantinya masuk bursa kepemimpinan nasional Indonesia ke depan.

Tak hanya itu, menurutnya, capaian Khofifah ini juga sekaligus mempromosikan karakter Islam moderat Indonesia.

"Yang mana ini sekaligus memberi ruang bagi kaum Muslimah untuk mengembangkan kapasitasnya di ruang publik. Semoga negara-negara Arab yang terus melakukan reformasi paradigma keislaman di internalnya bisa belajar dari Indonesia," ujarnya menegaskan. 

Hal senada disampaikan oleh pengamat asal Surabaya Survey Center Surokim Abdussalam.

Dia mengungkapkan sebagai negara dengan penduduk Muslim moderat terbesar di dunia munculnya para pemimpin berpengaruh dari Indonesia layak disyukuri.

Baca Juga: Khofifah Undang Atlet PON ke Gedung Negara Surabaya: Terima Kasih Pahlawan Olahraga Jawa Timur!




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x