Kompas TV nasional peristiwa

Hari ke-8 Pencarian ABK KM Liberty 1 yang Hilang, Tim SAR Gabungan Berharap Korban Segera Ditemukan

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 10:50 WIB
hari-ke-8-pencarian-abk-km-liberty-1-yang-hilang-tim-sar-gabungan-berharap-korban-segera-ditemukan
Kapal kargo KM Liberty l tenggelam di perairan utara Bali usai dihantam gelombang setinggi 5 meter sebanyak 7 anak buah kapal (ABK) dinyatakan hilang. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

BALI, KOMPAS.TV - Masuk hari ke-8, Tim SAR Gabungan masih melanjutkan proses pencarian tujuh anak buah kapal (ABK) KM Liberty 1 yang hilang di perairan utara Bali, pada Sabtu (23/10/2021).

Menurut informasi yang diterima KOMPAS TV, pencarian masih akan dilakukan hingga ke arah barat dan utara Singaraja. Hal tersebut disesuaikan dengan perhitungan arah arus angin dari aplikasi SARMAP milik Basarnas yang mengarah ke barat.

"Untuk hari ini masih dilaksanakan pencarian," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada kepada KOMPAS TV, Minggu (31/10/2021).

Sembari terus berusaha dalam pencarian di lapangan, pihaknya juga memohon doa kepada seluruh pihak agar proses pencarian berjalan dengan lancar dan korban bisa segera ditemukan.

"Mohon doanya semoga berjalan lancar dan korban ditemukan," sambungnya.

Sama seperti hari sebelumnya, Tim SAR Gabungan dalam pencarian lanjutan yang dilakukan hari ini, pihaknya akan mengerahkan Rigid Inflatable Boat (RIB).

RIB adalah jenis perahu multipurpose yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan dalam berbagai kondisi cuaca.

Baca Juga: Tim SAR Masih Cari 7 ABK Kapal Liberty I yang Tenggelam di Perairan Badung

"Untuk mengantisipasi korban dibawa arus menuju barat, kita mengerahkan Rigid Inflatable Boat. Semoga korban segera ditemukan," imbuh Gede Darmada.

Selain mengerahkan RIB, tim SAR gabungan juga akan dilengkapi dengan dua Kapal Republik Indonesia (KRI) serta 1 pesawat milik TNI AL, yakni KRI Singa 651, KRI Terapang 648, dan pesawat patroli maritim CN-235

Sebelumnya, tim gabungan pencarian kapal kargo KM Liberty 1 yang tenggelam di perairan utara Bali menemukan sejumlah barang yang diduga milik kapal yang karam akibat badai ini.

Adapun barang yang ditemukan, yakni jaket dan logistik seperti makanan ringan, mi instan, sandal, kaleng cat, dan air mineral. Bahkan, pihaknya juga menemukan tumpahan minyak di koordinat 07°59.471' S - 115° 20.462' T.

"Banyak tumpahan minyak serta muatan yang ditemukan oleh KRI SINGA-651. Penemuan tersebut berjarak sekitar 25 NM arah barat daya dari lokasi tenggelamnya KM Liberty 1,"  kata Gede Darmada dalam keterangan tertulis, Kamis (28/10/2021).

Perlu diketahui, KM Liberty 1 lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021) pukul 00.07 WIB dini hari.

Dalam perjalanan, kapal ini diketahui diterpa badai di perairan Bali dan dinyatakan tenggelam sebelum menuju Reo Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (23/10) pukul 22.07 WITA.

Diketahui, ABK KM Liberty I berjumlah 15 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 7 orang dinyatakan selamat, 1 orang meninggal dunia, dan 7 orang lainnya masih belum ditemukan.

Baca Juga: KM Liberty 1 Tenggelam, Tim SAR Gabungan Temukan Lifejaket, Logistik, hingga Tumpahan Minyak

Adapun daftar nama ABK yang belum ditemukan, yaitu Dwi Harmianto (Mualim I), Khoirul Hudha (Mualim II), Rizki Adi Tama (Masinis II), Jeri Jepri (Juru Mudi), Sebastian Saga (Juru Minyak), Matheis Maoni Teo (Serang), dan Petrus Rumahlewang (Opt Crane).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x