Kompas TV nasional peristiwa

Makna dan Filosofi Logo Hari Santri 2021 yang Perlu Diketahui, Bentuk Komitmen hingga Dedikasi

Kompas.tv - 22 Oktober 2021, 09:39 WIB
makna-dan-filosofi-logo-hari-santri-2021-yang-perlu-diketahui-bentuk-komitmen-hingga-dedikasi
Logo Hari Santri 2021 (Sumber: Kemenag)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2021, pemerintah telah menyiapkan tema dan logo khusus. Tema yang diusung dalam Hari Santri 2021 ini adalah Santri Siaga Jiwa dan Raga.

Mengutip situs resmi Kementrian Agama (Kemenag), makna dari tema tersebut merupakan bentuk komitmen dan pernyataan sikap santri untuk membela tanah air serta menyerahkan jiwa raga untuk mempertahankan persatuan Indonesia.

“Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dikutip KOMPAS TV dari laman resmi Kemenag, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut, Yaqut menegaskan bahwa 'Siaga Jiwa' bermakna bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, menurut mantan Bupati Rembang ini, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Santri 2021, dari Resolusi Jihad hingga Semangat Mempertahankan NKRI

Sementara 'Siaga Raga' memiliki arti bahwa badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. 

“Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemi Corona Virus Desease (Covid-19) sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan bersama,” tutur mantan Bupati Rembang periode 2005-2010 itu.

Tak hanya tema, pemerintah juga telah menyiapkan logo Hari Santri Nasional 2021 yang diramaikan dengan beragam warna. Mulai dari ungu, jingga, hijau, hingga biru muda.

Arti Logo Hari Santri Nasional 2021

Adapun arti dari warna-warna yang tersemat dalam logo Hari Santri Nasional 2021 merupakan cerminan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi pada Indonesia.

Lebih spesifiknya, berikut arti dari warna-warna yang terdapat dalam logo Hari Santri Nasional 2021:

  • Warna ungu mencerminkan semangat untuk mencapai segala sesuatu
  • Warna kuning menggambarkan sikap berbagi untuk sesama dan Indonesia
  • Warna jingga menandakan kebersamaan
  • Warna kuning mencerminkan sujud
  • Warna biru muda mengandung makna salat atau berserah diri kepada Tuhan

Selain warna, dalam logo Hari Santri Nasional 2021 juga terdapat berbagai bentuk mulai dari menggambarkan posisi salat, menggambarkan posisi sujud, dua orang saling menangkupkan tangan, dan lambang menunjukkan simbol semangat serta berbagi.

Adapun arti dari logo yang menggambarkan posisi salat, yaitu berarti para kaum santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.

Sedangkan logo yang menggambarkan posisi sujud berarti sebuah ikhtiar dan ketulusan para santri agar pandemi cepat berlalu.

Lalu, lambang yang dua orang saling menangkupkan tangan berarti menunjukkan kebersamaan yang memiliki makna bahwa santri selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka. 

Kemudian, bentuk logo yang menunjukkan simbol semangat. Bentuk tersebut merupakan keyakinan kaum santri bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.

Terakhir, bentuk logo yang menunjukkan simbol berbagi memiliki arti bahwa para santri berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.

Baca Juga: Hari Santri 2021: Begini Teks Lengkap Resolusi Jihad NU 22 Oktober 1945, Acuan Sejarah Hari Santri



Sumber : Kompas TV/Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x