Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Direncanakan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 07:15 WIB
jokowi-direncanakan-pimpin-upacara-hari-kesaktian-pancasila-di-lubang-buaya
Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober di Monumen Kesaktian Pancasila Lubang Buaya Jakarta Timur (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berencana hadir dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Sebagaimana tercantum dalam Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 yang dilansir dari laman resmi Kemendikbud, Presiden RI Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara.

"Hadir pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 01 Oktober 2021, inspektur upacara Presiden Republik Indonesia," bunyi pedoman upacara yang dikutip Kompas TV, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S

Selain Presiden Jokowi, akan hadir juga sejumlah pejabat negara yang sama-sama bertindak sebagai petugas dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Adapun pejabat yang akan bertugas, yaitu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (pembaca teks pancasila), Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (Pembaca Naskah UUNRI 19945), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (Pembaca dan Penandatangan Ikrar) dan Menteri Agama RI (pembaca doa).

Selain itu, akan hadir juga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Panglima TNI serta Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Upacara yang akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB ini mengusung tema "Indonesia Tanggung Berlandaskan Pancasila".

Selain dilaksanakan di pusat, melalui Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, pemerintah meminta sejumlah pemerintah provinsi/kabupaten/kota di setiap daerah untuk turut serta menggelar di kantor masing-masing.

Kendati demikian, pemerintah hanya mengizinkan penyelenggaraan upacara ini di daerah yang telah masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Bahkan, pemerintah pusat juga mengimbau pelaksanaam upacara di daerah dapat diselenggarakan dengan sederhana, khidmat, minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara bagi daerah yang masih masuk dalam PPKM Level 3 dan 4 dapat mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara daring di kanal YouTube Kemendikbudristek.

Selain itu juga upacara dapat diikuti dari siaran langsung di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Baca Juga: Deretan Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021, Berikut Cara Downloadnya



Sumber : Kompas TV/Kemdikbud


BERITA LAINNYA



Close Ads x