Kompas TV nasional kesehatan

Pelawak Nurul Qomar Idap Kanker Usus Stadium 4, Ini 5 Ciri-Ciri Kanker Usus yang Sering Tak Disadari

Kompas.tv - 30 September 2021, 21:13 WIB
pelawak-nurul-qomar-idap-kanker-usus-stadium-4-ini-5-ciri-ciri-kanker-usus-yang-sering-tak-disadari
Ilustrasi sakit perut. Ciri-ciri kanker usus yang sering tidak disadari. (Sumber: Freepik.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pelawak Nurul Qomar mengungkapkan bahwa dirinya divonis menderita kanker usus stadium 4 hingga yang membuatnya harus dioperasi.

Pelawak yang tergabung dalam grup Empat Sekawan ini bahkan harus menerima dibuatkan lubang stoma sehingga saluran BAB-nya berpindah ke pinggang.

“Operasi cukup besar, dokter ahli memvonis kanker ganas ada di pencernaan usus besar dan usus halus, stadium 4C. Jadi pencernaannya diubah, tidak di anus BAB-nya, pinggang sini, dibuatkan lubang stroma," ucap Qomar, dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Divonis Kanker Usus Stadium 4, Begini Kondisi Terkini Pelawak Nurul Qomar, Saluran BAB di Pinggang

Setelah operasi besar, Qomar juga harus menjalani kemoterapi yang membutuhkan biaya besar. Dia harus melelang semua lukisannya agar bisa meringankan biaya pengobatan.

Berkaca dari pelawak Qomar, mari kenali ciri-ciri kanker usus. Semakin cepat menyadari ciri-cirinya, semakin cepat penanganannya.

Berikut ciri-ciri kanker usus yang kerap tidak disadari penderitanya.

1. Masalah pada BAB

Sebagian dari kita mungkin kerap mengalami masalah BAB. Diare atau sembelit mungkin pernah mampir di saluran pencernaan kita.

Namun, apabila masalah BAB berlangsung lama, bahkan sampai berminggu-minggu, mungkin ini tanda adanya gangguan serius pada usus.

Kanker usus menyebabkan BAB bermasalah karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang menghambat jalan keluar tinja. Dalam beberapa kasus, tinja akan keluar dalam ukuran yang kecil, sekecil pensil dalam beberapa minggu.

Baca Juga: Derita Kanker Usus Stadium 4, Pelawak Qomar Lelang Lukisan untuk Biaya Berobat



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x