Kompas TV nasional update corona

Klaim Penanganan Covid-19 di Jakarta Berhasil, Wagub DKI Singgung Kemungkinan Gelombang Ketiga

Kompas.tv - 30 September 2021, 16:54 WIB
klaim-penanganan-covid-19-di-jakarta-berhasil-wagub-dki-singgung-kemungkinan-gelombang-ketiga
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengatakan bahwa pengendalian Covid-19 di Jakarta sudah mendapatkan hasil yang baik. 

Ia menjelaskan, hal ini terlihat dari penyebaran kasus Covid-19 yang turun secara signifikan. 

"Artinya upaya kita 3T (tracing, testing, treatment) berhasil, upaya kita meningkatkan vaksin juga berhasil dan terbukti dengan penyebaran yang semakin kecil," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/9/2021). 

Ditambah lagi dengan angka vaksinasi Covid-19 di Jakarta yang sudah mencapai lebih dari 70 persen sehingga herd immunity seharusnya sudah bisa dicapai. 

"Yah, kalau lihat datanya (vaksinasi) sudah lebih dari 70 persen, harusnya memang sudah demikian (herd immunity), kami berterima kasih karena sudah (berlangsung) sangat baik," kata Riza. 

Baca Juga: Anies Dituding Intervensi Interpelasi Formula E, Wagub DKI Bantah

Namun demikian, Riza meminta masyarakat tetap patuh dan bersiap akan kemungkinan gelombang ketiga Covid-19. 

"Kita harus siap dengan adanya kemungkinan gelombang ketiga, untuk itu seluruh masyarakat Jakarta kami minta tetap disiplin, patuh dan taat (pada protokol kesehatan)," kata Riza.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak euforia berlebihan dengan menurunnya angka kasus Covid-19 di Jakarta dan banyaknya pelonggaran yang sudah diterapkan pada PPKM Level 3 di Jakarta.

"Jangan sampai terjadi seperti tahun sebelumnya, ketika ada penurunan, ada pelonggaran, kemudian kita kendor, kita lupa, kita abai, tidak waspada, akhirnya meningkat lagi kasusnya," kata Riza. 

Per 29 September 2021, vaksinasi Covid-19 di Jakarta untuk dosis satu sudah mencapai angka 10.434.535, lalu, dosis kedua mencapai angka 7.720.027 dosis.

"Dosis satu dan dua sudah mencapai 18.154.562 dosis. Insyaalah dalam beberapa waktu ke depan, kita akan mencapai angka 11.426.456 yang kita targetkan," kata Riza. 

Baca Juga: Wagub DKI Koreksi Wali Kota Jakarta Timur yang Klaim Wilayahnya PPKM Level 1

Riza pun meminta agar warga DKI Jakarta yang belum mendapatkan vaksinasi segera vaksin Covid-19. 

Saat ini masih ada sekitar 2,5 juta warga Jakarta yang belum divaksinasi dan masih terus dikejar untuk dilaksanakan vaksinasi.

Masalah administrasi kependudukan, kata Riza, merupakan salah satu alasan capaian vaksinasi belum memenuhi target. 

"Tidak semua ber-KTP DKI Jakarta tinggal di Jakarta, mungkin ada di luar daerah bahkan mungkin di luar negeri," ujar dia.

Baca Juga: Rapat Paripurna Interpelasi Formula E, Wagub DKI Sebut Akan Datang jika Diundang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x