Kompas TV nasional kriminal

Ahli Merakit Bom, Ini 10 Daftar Kekejaman Ali Kalora Pimpinan Teroris MIT Poso

Kamis, 23 September 2021 | 14:02 WIB
ahli-merakit-bom-ini-10-daftar-kekejaman-ali-kalora-pimpinan-teroris-mit-poso
Ali Kalora alias Ali Ahmad, sebelah kiri adalah foto lamanya, dan sebelah kanan adalah foto barunya. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Baitur Rohman | Editor : Desy Afrianti

PALU, KOMPAS.TV - Aparat keamanan Satuan Tugas (Satgas) Magado Raya berhasil menembak mati dua orang teroris dalam kontak senjata di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi, pada Sabtu (18/9/2021) lalu.

Salah satu teroris yang tewas adalah Ali Kalora, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Wakil Bupati Poso Yasin Mangun pernah mengungkapkan, Ali Kalora dan pengikutnya sangat meresahkan masyarakat, khususnya petani di wilayah Kabupaten Poso, Parigi Parigi dan Sigi.

"Ekonomi warga Poso menurun karena Aksi teror Kelompok MIT," kata Yasin, pada 4 Juni 2021 lalu.

Ali Kalora lahir tanggal 30 Mei 1981 di Gowa, Sulawesi Selatan. 

Nama asli Ali Kalora adalah Ali Ahmad, nama Kalora disematkan pada dirinya karena pernah tinggal di Desa Kalora Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso.

Baca juga: Termasuk Ali Kalora, Tujuh Teroris Poso Tewas di Tangan Koopgabsus Tricakti TNI sejak Awal 2021

Ia menjadi pemimpin  kelompok teroris MIT Poso pada 2016 silam, pasca tewasnya pimpinan sebelumnya, Santoso.

Sebelumnya, Ali Kalora memimpin kelompok teroris MIT bersama Basri, namun setelah Basri ditangkap Pasukan Satgas Operasi Tinombala, Ali Kalora kemudian menjadi pemimpin tunggal dan menjadi target utama Operasi Tinombala.

Ali Kalora disebut-sebut sebagai teroris yang ahli merakit bom lontong dan memiliki kemampuan bertahan hidup dalam pelarian.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.