Kompas TV nasional berita utama

Kunjungi AS, Menlu: Indonesia Siap Bekerjasama Memperkuat Ketahanan Kesehatan Nasional

Kompas.tv - 17 September 2021, 16:55 WIB
kunjungi-as-menlu-indonesia-siap-bekerjasama-memperkuat-ketahanan-kesehatan-nasional
Menlu RI Lantik 7 Pejabat Eselon 2 di Lingkungan Kementerian Luar Negeri (Sumber: Kementerian Luar Negeri)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan sejumlah perusahaan pengembang vaksin dan teknologi vaksin multiplatform di Amerika Serikat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengamankan kebutuhan vaksin nasional.

Pernyataan itu disampaikan Retno Marsudi dalam keterangan pers secara virtual saat kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke 66, Jumat (17/9/2021).

“Saat ini saya berada di Amerika Serikat untuk melakukan kunjungan kerja ke Los Angeles dan Houston, bertemu dengan sejumlah perusahaan pengembang vaksin dan teknologi vaksin multiplatform,” kata Retno Marsudi.

Baca Juga: Dua ABK di Oman Nekat Terjun ke Laut dan Berenang ke Darat, Kemenlu: Keduanya Kini Aman

“Kunjungan ini adalah tindak lanjut kunjungan saya Agustus lalu ke Washington DC di mana Amerika Serikat dan Indonesia siap bekerjasama untuk memperkuat ketahanan kesehatan nasional.”

Selain itu, Retno menuturkan kunjungannya ke Amerika Serikat dilakukan untuk melakukan berbagai penjajakan kerja sama. Dengan harapan, Indonesia ke depan bisa membangun kemandirian industri kesehatan.

“Berbagai penjajakan kerjasama ini juga bertujuan untuk membangun kemandirian industri kesehatan Indonesia,” ujarnya.

“Nanti hasil dari kunjungan ini akan saya sampaikan secara terpisah.”

Baca Juga: Bertemu Taliban, Menlu Retno: Mereka Berkomitmen Bentuk Pemerintahan Inklusif

Di samping itu, Retno menambahkan dalam upaya bisa keluar dari pandemi Covid-19 pemerintah juga terus melakukan sejumlah terobosan. Misal, mulai dari kerja sama dengan berbagai negara penghasil vaksin hingga mengembangkan vaksin lokal.

“Berbagai terobosan akan terus dilakukan dan Indonesia siap bekerjasama dengan negara dan pihak manapun untuk mengamankan pasokan vaksin nasional dalam jangka pendek dan mengembangkan produksi vaksin lokal untuk jangka Panjang,” ujarnya Retno.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x