Kompas TV nasional peristiwa

Covid-19 Tak akan Hilang, Presiden Jokowi Minta Persiapan Hal Ini: Ada Transisi Pandemi ke Endemi

Kompas.tv - 10 September 2021, 12:35 WIB
covid-19-tak-akan-hilang-presiden-jokowi-minta-persiapan-hal-ini-ada-transisi-pandemi-ke-endemi
Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta, Jumat (10/9/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak mulai menyiapkan transisi dari masa pandemi ke endemi karena Covid-19 belum diketahui kapan akan hilang.

"Karena kita tahu Covid-19 ini tidak mungkin akan hilang. Oleh sebab itu kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi,” kata Presiden Jokowi saat meninjau vaksinasi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Derah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (10/9/2021).

Pada masa peralihan, kata Presiden seluruh pihak perlu mulai belajar hidup bersama dengan Covid-19.

Hal tersebut penting agar masyarakat tidak memiliki euforia berlebihan dan tetap waspada terhadap bahaya Covid-19 yang setiap saat masih bisa menyerang.

“Ini penting, saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan, karena kita dan semuanya harus sadar bahwa Covid-19 selalu mengintip kita,” tambahnya.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut penting sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Presiden juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker, serta protokol pencegahan lainnya, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca Juga: Jokowi Hari ini Tinjau Sejumlah Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di DIY

“Protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker,” ujarnya.

Dalam kunjungannya di DIY, Presiden Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 bagi 375 pelajar sekolah luar biasa (SLB) di DIY.

“Vaksinasi bagi pelajar ini merupakan bagian dari upaya perluasan vaksinasi yang kita lakukan untuk kendalikan penyebaran Covid-19, terutama varian Delta, karena kita tahu, Covid-19 ini tak mungkin akan hilang,” pungkasnya.

Dalam peninjauan vaksinasi di SLB Negeri 1 Yogyakarta, Presiden Jokowi tidak sendiri melainkan juga didampingi Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Presiden Joko Widodo melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di DIY usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan kerjanya di Kota Pelajar, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo diagendakan melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Jogja Expo Center, Kabupaten Bantul.

Lalu, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar di SLB Negeri 1 Yogyakarta.

Baca Juga: Cek Vaksinasi Masyarakat Ditemani Raja Keraton Yogya, Presiden Jokowi: Perluasan Vaksin Sangat Perlu

Kemudian, memberikan pengarahan bagi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) se-DIY serta yang terakhir meresmikan sarana dan prasarana di Madrasah Mualimin Yogyakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x