Kompas TV nasional peristiwa

Polda Metro Jaya: Titik Api Kebakaran Lapas Tangerang Bersumber dari Atas Plafon

Kompas.tv - 8 September 2021, 22:16 WIB
polda-metro-jaya-titik-api-kebakaran-lapas-tangerang-bersumber-dari-atas-plafon
Polda Metro Jaya menyatakan titik api pada kebakaran yang menewaskan 41 narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten diduga bersumber pada satu titik di atas plafon. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya menyatakan bahwa titik api pada kebakaran yang menewaskan 41 narapidana di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten, diduga bersumber pada satu titik di atas plafon.

"Dari hasil olah TKP disimpulkan titik apinya satu. Titik api bersumber di satu titik dan kemudian terjadi di atas di balik plafon," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, Rabu (8/9/2021).

Menurut Ade, plafon tersebut terbuat dari bahan triplek yang mudah terbakar.

Adapun kesimpulan ini dikatakan Ade setelah tim forensik Polda Metro Jaya dan Mabes Polri menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) yang melibatkan Tim Inafis (Automatic Finger Print Identification System) dan Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri.

Meski demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara kebakaran disebabkan adanya hubungan arus pendek (korsleting).

"Kemudian hasil temuan sementara belum dapat dipastikan, namun diduga akibat hubungan arus pendek," kata Ade.

Demi mempermudah penelusuran terkait penyebab kebakaran, tim olah TKP kepolisian juga membawa sejumlah barang bukti dari lokasi kebakaran untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Ada beberapa yang kita bawa antara lain kabel-kabel, beberapa alat listrik, dan saluran instalasi," tambahnya.

Pernyataan ini senada dengan yang disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly bahwa dugaan sementara penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang karena persoalan hubungan arus pendek listrik.

Baca Juga: Menkumham Duga Kebakaran Lapas Tangerang Karena Instalasi Listrik



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x