Kompas TV nasional sosok

Sosok Tuan Guru Bajang, Pendukung Prabowo yang Berbalik Bantu Jokowi hingga Jadi Wakil Komisaris BSI

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 20:59 WIB
sosok-tuan-guru-bajang-pendukung-prabowo-yang-berbalik-bantu-jokowi-hingga-jadi-wakil-komisaris-bsi
Profil Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. (Sumber: Instagram @tuangurubajang)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjadi sorotan usai menjadi Wakil Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk pada Selasa (24/8/2021). Berikut ini profil TGB yang sempat melanglang buana di dunia politik.

TGB lahir di Pancor, Selong, pada 31 Mei 1972, dengan nama Muhammad Zainul Majdi. Ia merupakan putra ketiga dari HM Djalaluddin dan Rauhun Zainuddin Abdul Madjid.

Ayahnya adalah pensiunan birokrat Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), sedangkan ibunya merupakan putri pendiri organisasi Islam terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan (NW) dan pendiri Pesantren Darun-Nahdlatain,TGH M Zainuddin Abdul Madjid. 

TGB mengenyam pendidikan di SD Negeri 2 Mataram. Lulus pada 1985, ia kemudian masuk ke Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Mu'allimin Nahdlatul Wathan.

Baca Juga: Dulu Dukung Jokowi, Tuan Guru Bajang Jadi Wakil Komisaris Utama PT Bank Syariah Indonesia

Pada 1992, TGB menjalani pendidikan tinggi di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, tepatnya di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an.

Pada 1995, dia lulus dan memperoleh gelar Lc. Tahun selanjutnya, TGB melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di jurusan yang sama.

Pada 2003, dia memperoleh amanah menjadi Rektor Institute Agama Islam Hamzanwadi, Pancor, Lombok Timur.

Dunia Politik

TGB terjun ke politik dengan menjadi anggota DPR RI dari NTB periode 2004-2009 sebagai kader Partai Bulan Bintang (PBB). Pada 2008, ia memutuskan mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub) NTB. 



Sumber : Kompas TV/Kompascom


BERITA LAINNYA



Close Ads x