Kompas TV nasional sosok

Mengenang Sosok Lendo Novo, Penggagas Sekolah Alam Indonesia yang Pernah Masuk Penjara

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 12:22 WIB
mengenang-sosok-lendo-novo-penggagas-sekolah-alam-indonesia-yang-pernah-masuk-penjara
Lendo Novo, penggagas sekolah alam, meninggal dunia, Senin (23/8/2021) (Sumber: ashoka.org)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lendo Novo, penggagas sekaligus konseptor Sekolah Alam Indonesia meninggal dunia pada Minggu (22/8/2021). 

Kepergian Lendo diumumkan oleh Sekolah Alam Indonesia melalui akun Instagramnya, @sekolahalam_id. 

"Inalillahi wa Inna ilaihi roojiun. Sekolah Alam di seluruh pelosok Indonesia berduka cita mendalam. Abag kami, konseptor dan penggagas Sekolah Alam, Bapak Lendo Novo, dipanggil Allah pagi ini," tulis akun tersebut, Minggu. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut menyampaikan ucapan duka melalui akun Instagramnya @aniesbaswedan. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita atas berpulangnya Bang Lendo Novo, penggagas dan konseptor sekolah alam," tulis Anies pada akun Instagram @aniesbaswedan, Senin (23/8/2021). 

Anies mengenang sosok Lendo Novo sebagai pendidik dan pejuang lingkungan yang turut membantu pada Gugus Tugas Pendidikan Anti Kekerasan. 

"Kita kehilangan sosok pendidik dan pejuang lingkungan. Dulu semasa bertugas di Kemendikbud, Bang Lendo ikut membantu di Gugus Tugas Pendidikan Anti Kekerasan. Beliau juga pernah memberikan masukan-masukan secara formal soal tata kelola lingkungan saat kampanye Pilgub DKI," tulis Anies. 

Baca Juga: Penggagas Sekolah Alam Lendo Novo Meninggal Dunia, Anies Baswedan Berduka

Sosok Lendo Novo dikenal sebagai penggagas dan konseptor sekolah alam. Dikutip dari laman School of Universe, Lendo menilai pengembangan akhlak dengan metode teladan adalah salah satu gagasan dasar tentang pendidikan.

Alumni Teknik Perminyakan ITB ini juga memiliki pemikiran mengenai pengembangan logika dengan metode belajar langsung bersama alam.

Sebagai pemerhati pendidikan, Lendo menganggap sekolah alam harus berbasis pada potensi lokal daerah masing-masing. Inilah pemikiran dasar yang menjadi cikal bakal dari berdirinya Sekolah Alam Indonesia. 

Lendo lahir di Jakarta, 6 November 1964, lalu menikah dengan istrinya, Yusriana, dan memiliki empat orang anak. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x